Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Momen Interpreter Menangis saat Live Terjemahkan Pidato Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

BERLIN, KOMPAS.com - Seorang penerjemah untuk outlet berita Jerman terdengar menangis saat menerjemahkan pidato Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (27/2/2022).

Dalam video pidato tersebut, penerjemah tak dikenal untuk Welt terdengar menerjemahkan bagian dari pidato Zelensky ke dalam bahasa Jerman.

Saat itu Volodymyr Zelensky berkata: "Rusia berada di jalan kejahatan. Dunia harus mencabut hak Rusia untuk memilih di Keamanan Dewan PBB."

Penerjemah kemudian melambat dan terisak saat menyampaikan kalimat: "Orang-orang Ukraina, kami tahu persis apa yang kami pertahankan. Kami pasti akan menang."

Sempat terdiam menahan tangis, interpreter itu hanya terakhir terdengar meminta maaf karena tak mampu menyelesaikan terjemahan pidato Presiden Ukraina saat itu. 

Melalui akun Twitternya sang interpreter berterimakasih atas dukungan semua pihak dan menyampaikan doa untuk Ukraina.

"Saya seorang juru bahasa konferensi, saya (biasa) menafsirkan forum perdamaian selama 10 jam. Tapi hari ini live di TV Jerman saya tidak bisa menyelesaikan menafsirkan Zelensky, selama kata-kata terakhirnya saya menangis."

Zelensky berbicara kepada warga Ukraina setelah beberapa kota diserang pada Sabtu (27/2/2022) malam.

"Tadi malam brutal di Ukraina. Sekali lagi, penembakan, lagi-lagi pengeboman daerah pemukiman dan infrastruktur sipil," kata Zelensky.

"Kami akan berjuang selama yang diperlukan untuk membebaskan negara. Jika anak-anak lahir di tempat penampungan, bahkan ketika penembakan berlanjut, maka musuh tidak memiliki kesempatan dalam hal ini — tidak diragukan lagi — perlawanan rakyat. Untuk kemenangan! Kemuliaan bagi Ukraina!" dia menambahkan.

Mengutip Kementerian Dalam Negeri Ukraina, AP melaporkan bahwa 352 warga Ukraina tewas selama invasi Rusia ke negara itu.

Dalam wawancara terpisah dengan AP, Wali Kota Keiv Vitali Klitschko mengatakan ibu kota Ukraina "dikepung."

Kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv, juga dikepung, dan 1,4 juta penduduknya telah diminta untuk berlindung.

https://www.kompas.com/global/read/2022/02/28/173000670/momen-interpreter-menangis-saat-live-terjemahkan-pidato-presiden-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke