Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PBB Siapkan Pengiriman Bantuan untuk Afghanistan Lewat Jalur Darat

JENEWA, KOMPAS.com - PBB berharap dapat segera mengirimkan bantuan ke Afghanistan melalui jalur darat, kata pejabat senior PBB pada Selasa (7/9/2021).

Martin Griffiths, wakil sekjen urusan kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat mengatakan perwakilan baru dari badan global sedang dalam perjalanan ke Afghanistan.

"Kita akan melihat awal perjalanan darat dari negara lain untuk pasokan," kata Griffiths, seperti yang dilansir dari AFP pada Selasa (7/9/2021).

Griffiths berbicara melalui konferensi video, bertemu dengan pemimpin nasional Taliban yang baru di Kabul pada Minggu dan Senin.

Agar bantuan mengalir ke tujuan, bagaimanapun, pemerintah Afghanistan yang baru harus memberikan keamanan.

"Kita perlu mendapatkan keamanan untuk memungkinkan pengiriman kemanusiaan," kata Griffiths.

Dia menambahkan bahwa para pejabat PBB sedang berusaha untuk mengkonfirmasi secara tertulis janji-janji lisan keamanan dari Taliban, yang mengambil alih Afghanistan pada Agustus setelah serangan kilat ketika pasukan AS mundur.

"Badan-badan kemanusiaan di seluruh dunia di setiap negara membutuhkan kemandirian dalam penilaian, penyampaian dan pemantauan bantuan, keamanan serta keselamatan pekerja kemanusiaan nasional dan internasional...lalu keluarga mereka," katanya.

Griffiths juga mengkonfirmasi bahwa kepala badan pengungsi PBB UNHCR, Filippo Grandi, sedang dalam perjalanan ke Afghanistan dan berharap dapat melakukan perjalanan dari Kabul ke kota selatan Kandahar.

Pekan lalu, PBB mengumumkan bahwa penerbangan kemanusiaan, termasuk dari Pakistan, telah dilanjutkan ke Afghanistan utara dan selatan.

Sekitar 600.000 warga Afghanistan telah mengungsi pada 2021 karena kerusuhan, kata Griffiths.

Menurut pejabat PBB sekitar setengah dari populasi Afghanistan, atau 18 juta orang, membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengadakan pertemuan tingkat menteri internasional di Jenewa pada Senin (6/9/2021) untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.

Para pejabat PBB sedang mencari dana 606 juta dollar AS (Rp 8,6 triliun) untuk membantu Afghanistan sampai akhir 2021.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/08/081059770/pbb-siapkan-pengiriman-bantuan-untuk-afghanistan-lewat-jalur-darat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke