Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Utusan Nuklir Korsel Akan ke AS Bahas Isu Semenanjung Korea

Noh Kyu-duk, perwakilan khusus Korsel untuk urusan perdamaian dan keamanan Semenanjung Korea, akan melakukan perjalanan selama empat hari ke Washington pada Minggu (29/8/2021) hingga Rabu (1/9/2021) atas undangan Sung Kim, perwakilan khusus AS untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK).

Selama kunjungan tersebut, Noh akan bertemu dengan para pejabat dari Departemen Luar Negeri AS dan Gedung Putih untuk melanjutkan konsultasi yang erat, yang telah dilakukan kedua belah pihak selama lawatan utusan nuklir AS ke Seoul awal pekan ini.

Selama pertemuan di Seoul, Noh dan Kim membahas kemungkinan bantuan kemanusiaan untuk RRDK, seraya menyerukan Pyongyang untuk kembali ke meja dialog.

Kemenlu Korsel mengatakan pihaknya berharap diskusi mendalam dapat dilakukan antara Korsel dan AS selama perjalanan Noh ke Washington untuk memulai kembali proses perdamaian Semenanjung Korea lebih awal.

Pembicaraan denuklirisasi antara RRDK dan AS terhenti sejak pertemuan puncak kedua antara pemimpin tertinggi RRDK Kim Jong Un dan mantan Presiden AS Donald Trump berakhir tanpa kesepakatan pada Februari 2019 lalu di ibu kota Vietnam, Hanoi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/27/203521970/utusan-nuklir-korsel-akan-ke-as-bahas-isu-semenanjung-korea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke