Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Terbaru: Minum Kopi Terlalu Banyak Tingkatkan Risiko Demensia

SYDNEY, KOMPAS.com - Para peneliti dari University of South Australia menilai efek kopi pada otak pada lebih dari 17.700 peserta antara usia 37 dan 73 tahun.

Dilansir The Hill, mereka menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi lebih dari enam cangkir kopi setiap hari, memiliki 53 persen peningkatan risiko demensia dan volume otak total yang lebih kecil.

Orang dewasa yang sehat, disarankan untuk membatasi asupan kopi harian mereka menjadi sekitar empat atau lima cangkir, yang kira-kira mengandung 400 miligram kafein.

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit.

Risiko ini termasuk penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, batu empedu, dan beberapa jenis kanker.

Terlalu banyak begadang di pagi hari, disebut juga bisa berdampak buruk pada kesehatan otak seiring waktu, menurut sebuah studi baru yang dipimpin University of South Australia.

Mereka juga menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi satu hingga dua cangkir sehari punya risiko lebih kecil.

"Ini adalah penyelidikan paling ekstensif tentang hubungan antara kopi, pengukuran volume otak, risiko demensia, dan risiko stroke," ujar Kitty Pham, penulis utama studi.

"Ini juga merupakan studi terbesar yang mempertimbangkan data pencitraan otak volumetrik dan berbagai faktor pembaur," tambahnya.

"Dengan memperhitungkan semua kemungkinan perubahan, kami secara konsisten menemukan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi secara signifikan terkait dengan pengurangan volume otak."

"Pada dasarnya, minum lebih dari enam cangkir kopi sehari dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit otak seperti demensia dan stroke," ujar Pham.

Karena itu, orang dewasa yang sehat disarankan untuk membatasi asupan kopi harian mereka menjadi sekitar empat atau lima cangkir, yang kira-kira 400 miligram kafein, menurut Food and Drug Administration.

Demensia adalah kondisi otak degeneratif yang mengganggu kemampuan untuk mengingat, berpikir atau membuat keputusan sehari-hari.

Diperkirakan 5 juta orang dewasa berusia 65 dan lebih tua di AS menderita demensia pada tahun 2014.

Jumlah itu diperkirakan akan mencapai hampir 14 juta pada tahun 2060, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Perlu dicatat bahwa para peneliti telah lama memperdebatkan efek kesehatan kopi, karena penelitian nutrisi bisa sangat rumit.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dapat membantu melindungi dari penyakit Alzheimer.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/24/195626070/studi-terbaru-minum-kopi-terlalu-banyak-tingkatkan-risiko-demensia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke