Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dubes RI di Finlandia Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Estonia

Prosesi penerimaan Surat Kepercayaan tersebut dilakukan di Kantor Kepresidenan Kadriorg, Tallinn, Estonia.

Prosesi penyerahan Letters of Credence dilakukan berupa penyambutan oleh Chief of State Protocol, laporan Commander of the Guard of Honor, pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh orkestra militer, inspeksi Guard of Honor, penyerahan Letters of Credence, pengambilan foto resmi, pertemuan dengan Presiden Republik Estonia, dan penandatanganan President’s Guestbook.

Sebelumnya pada Kamis (21/5/2021) Duta Besar RI telah melakukan courtesy call melalui video meeting kepada Chief of State Protocol Kementerian Luar Negeri Republik Estonia, Duta Besar Jana Vanaveski, sekaligus menyerahkan salinan Surat-Surat Kepercayaan untuk Presiden Estonia yang telah dikirimkan terlebih dahulu kepada Kementerian Luar Negeri Republik Estonia.

KBRI Helsinki dalam siaran pers yang diterima Kompas.com menerangkan, diterimanya Surat Kepercayaan ini menandai dimulainya tugas Ibu Duta Besar RI secara resmi di Estonia.

Selama masa penugasannya, Dubes Silvy memiliki beberapa prioritas kerja sama Indonesia dan Estonia yaitu meningkatkan peluang kerja sama perdagangan dan investasi, meningkatkan kerja sama bidang pendidikan, memajukan diplomasi kesehatan, memberikan pemahaman yang utuh tentang Indonesia, meningkatkan kerja sama di bidang informasi dan teknologi, melakukan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia, dan melakukan penggalangan dukungan untuk menjaga integritas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di negara akreditasi.

Dubes Silvy dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia pada Senin (14/9/2020) di Istana Negara Jakarta dan tiba di Helsinki, Finlandia, bersama keluarga pada tanggal 30 Oktober 2020.

Penyerahan Letter of Credence kepada Presiden Finlandia, Sauli Niinistö, telah dilakukan sebelumnya pada Rabu 3 Desember 2020. melalui prosedur tertulis (written procedure) dengan penandatanganan Letter of Acknowledgement oleh Presiden Finlandia dan menampilkan foto Duta Besar RI pada halaman website resmi Presiden Finlandia.

Prosedur tersebut dilakukan mengingat situasi pandemi virus corona yang menyebabkan adanya keterbatasan penyelenggaraan beberapa kegiatan resmi kenegaraan di Finlandia.

Kemudian Dubes Silvy bertemu secara langsung dengan Presiden Niinistö pada Kamis 4 Maret 2021, sebagai bagian dari kegiatan penyerahan credentials.

Dubes Silvy adalah seorang diplomat karier pada Kementerian Luar Negeri RI yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal RI di Guangzhou Republik Rakyat China, Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, serta Sekretaris Direktorat Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika.

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/15/203704570/dubes-ri-di-finlandia-serahkan-surat-kepercayaan-kepada-presiden-estonia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke