Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Armin Laschet Jadi Pemimpin Partai CDU, Berpotensi Gantikan Kanselir Angela Merkel

BERLIN, KOMPAS.com - Armin Laschet terpilih menjadi pemimpin partai yang berkuasa di Jerman, Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU) pada Sabtu (16/1/2021) melalui pemilihan online.

Melansir Xinhua, pria yang berusia 59 tahun itu adalah sosok moderat yang dikabarkan dekat dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Laschet juga menjabat sebagai menteri utama negara bagian terpadat di Jerman, Rhine-Whestphalia Utara.

Laschet mengumpulkan 521 suara dalam putaran kedua, mengalahkan tokoh konservatif yang pro-bisnis, Friedrich Merz, yang mendapat 466 suara.

Kandidat ketiga, pakar kebijakan luar negeri Norbert Roettgen, tersingkir pada putaran pertama pemungutan suara.

"Saya sadar akan tanggung jawab yang terkait dengan jabatan ini," kata Laschet dalam pidato kemenangannya, menambahkan dia akan "memastikan kanselir berikutnya dalam pemilihan federal mendatang akan berasal dari serikat (CDU/CSU)."

Melansir CNBC, Laschet pertama kali terpilih menjadi anggota Bundestag, Parlemen Jerman pada 1994. Sosoknya dikenal melanjutkan kebijakan Merkel karena berjanji menjaga CDU tetap kokoh di "tengah masyarakat".

Karena itulah, dia dianggap mudah melesat ke ajang pemilihan Kanselir pada September mendatang.

Laschet diperkirakan mendapat dukungan Merkel dan juga dukungan-dukungan dari partai lainnya.

Pada akhir 2018, Merkel mengumumkan bahwa dia tidak akan menargetkan masa jabatan kelima. Merkel lalu mundur dari kepemimpinan CDU.

Annegret Kramp-Karrenbauer, yang menggantikan Merkel sebagai ketua CDU, mengajukan pengunduran dirinya pada Februari 2020 setelah skandal pemilihan negara bagian.

CDU telah mencari pemimpin barunya sejak itu, tetapi rapat pleno ditunda dua kali karena pandemi Covid-19.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/17/093709770/armin-laschet-jadi-pemimpin-partai-cdu-berpotensi-gantikan-kanselir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke