Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Air Sungai di Rusia Ini Berubah Merah Seperti Darah, Apa Penyebabnya?

KEMEROVO, KOMPAS.com - Sebuah sungai bernama Iskitimka di Kemerovo (dikenal juga dengan Kuzbass), Siberia, Rusia berubah warna airnya menjadi merah darah memicu kekhawatiran penduduk sekitar sungai tersebut pada Sabtu (7/11/2020).

Perubahan warna itu kemudian dijelaskan oleh pihak berwenang Kuzbass sebagai akibat dari pencemaran limbah.

Wakil Gubernur Kuzbass untuk Bidang Industri, Transportasi dan Lingkungan, Andrey Panov mengungkap melalui Instragramnya bahwa pencemaran limbah itu terjadi karena saluran pembuangan limbah kota tersumbat.

Melansir The Sun, seseorang menanggapi peristiwa itu dengan mengatakan, "(Sungai)-nya [tampak] seperti sup borscht [sup yang terbuat dari buah bit merah, populer di Rusia], tapi beracun. Airnya [sungai] tampak sangat beracun."

Panov menjelaskan bahwa debit air limbah merah itu berasal dari selokan kota yang tersumbat.

Layanan darurat dilaporkan telah memperbaiki penyumbatan dan warna air sungai berangsur normal. 

Meski begitu, masih terlalu cepat untuk mengakhiri kasus pencemaran limbah tersebut. Informasi yang dikirim ke Direktorat Utama Kementerian Dalam Negeri wilayah Kemerovo akan mengidentifikasi siapa pelakunya dan membawanya ke pengadilan.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/08/191656370/air-sungai-di-rusia-ini-berubah-merah-seperti-darah-apa-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke