Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Daftar Bangunan Kuno Inggris yang Disebut Paling Berhantu

LONDON, KOMPAS.COM - Inggris dipenuhi dengan rumah dan kastil megah yang berusia ratusan tahun, dan tidak mengherankan jika bangunan di Inggris menjadi hit di kalangan pemburu hantu.

Kebanyakan tanah dan bangunan itu, seperti taman luas, dulunya berfungsi sebagai medan perang, rumah megah yang menjadi lokasi pembunuhan mengerikan, dan tumpukan urusan yang belum selesai, sehingga kabarnya banyak roh gentayangan ada di sana.

Melansir Mirror pada Sabtu (17/10/2020), bangunan-bangunan itu sekarang sudah dikelola oleh National Trust, badan pengelola situs yang dilindungi di Inggris.

Berikut situs-situs itu mulai dari "rumah paling berhantu di Midlands" hingga aula megah yang dikatakan sebagai rumah bagi hantu Anne Boleyn:

1. Blickling Hall, Norfolk

Kediaman megah di Blickling Estate ini dikatakan sebagai rumah hantu salah satu tokoh sejarah Inggris yang paling terkenal, yaitu Anne Boleyn.

Istri kedua Henry VIII diyakini lahir di sana dan di sana juga kepalanya dipenggal oleh raja.

Sekarang dikatakan bahwa hantu tanpa kepalanya kembali setiap tahun pada 19 Mei, peringatan eksekusinya. Saat malam tiba, hantunya naik ke rumah, tetapi begitu penjaganya tiba di pintu depan, hantu itu menghilang.

Ayahnya, Sir Thomas, juga dikatakan menghantui tempat itu, dikutuk karena tidak mencoba menghentikan eksekusi putrinya.

2. Kastil Croft, Hertfordshire

Dijuluki sebagai "rumah paling berhantu di Midlands", konon ada sekitar tujuh hantu yang tinggal di benteng ini.

Hantu pejuang kemerdekaan Welsh, Owain Glyndwr, dilaporkan menghantui situs tersebut. Sementara pengunjung melaporkan sering kali mendengar tangisan bayi.

Satu hantu dilaporkan muncul di beberapa lokasi, satu orang mengatakan mereka pernah memasuki ruangan untuk bertemu seorang teman. Teman mereka memintanya untuk berkenalan dengan seorang wanita di ruangan itu bersama mereka, tetapi tidak ada orang lain di sana.

3. Kastil Corfe , Dorset

Reruntuhan mengesankan di Dorset ini memiliki kaitan dengan Civil War, pembunuhan, karenanya ada kisah banyak hantu muncul di sana.

Ada Edward sang Martir yang dibunuh di halaman kastil atas perintah ibu tirinya, serta sekelompok orang Perancis yang dipenjara pada abad ke-13 dan dibiarkan mati kelaparan.

Selama Civil War, Roundhead menyelundupkan tentara ke dalam kastil dan menyerang dari dalam, kemudian meledakkan beberapa bagian benteng.

Hantu wanita berbaju putih dilaporkan sering terlihat berjalan di sepanjang benteng.

4. Rumah Bendahara, Yorkshire

Hantu tentara Romawi dilaporkan terlihat di ruang bawah tanah bangunan ini.

Kisah pensiunan polisi Harry Martindale adalah yang paling terkenal, setelah mendengar terompet dan melihat tentara berjalan melewatinya. Dengan ketakutan, dia berlari untuk memberi tahu kurator yang berkata, "Dari penampilanmu, kamu telah melihat orang Romawi!"

Penelitian arkeologi selanjutnya telah mengungkapkan bahwa ada bukti adanya jalan Romawi beberapa inci di bawah lantai ruang bawah tanah.

5. Felbrigg Hall , Norfolk

Perpustakaan di Felbrigg Hall dikatakan menjadi rumah bagi roh mantan penduduk William Windham III, yang terobsesi dengan buku dan dikatakan kembali untuk mencoba membaca semua judul buku koleksi perpustakaan itu.

Ada laporan tentang William yang terlihat duduk di meja atau bersantai di kursi. Rumor mengatakan dia hanya muncul ketika kombinasi dari buku tertentu yang ditempatkan di meja perpustakaan.

6. Newton House, Camarthenshire

Dengan reputasi sebagai salah satu rumah paling berhantu di Inggris, ada berbagai laporan penampakan hantu di bangunan seram ini.

Ada kisah tragis tentang Lady Eleanor yang mati dicekik di salah satu ruangan yang dulunya adalah kamar bayinya. Setelah Eleanor tewas, pembunuhnya dikatakan merasa sangat bersalah, dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri di kamar itu juga.

Beberapa pengunjung melaporkan merasakan sensasi dingin saat memasuki kamar bayi yang dimaksud dalam kisah itu. Sementara, pengunjung yang lain mengatakan mereka merasakan ada tangan mencengkeram leher mereka.

Diceritakan juga, seorang tokoh bernama Baron pernah tinggal di sana, dan dia biasa menghantui pengunjung dengan bau asap tembakaunya.

Pada Minggu pengunjung yang berdiri di samping potretnya di gedung itu, akan dapat mencium bau tembakau yang biasa dulu dipakainy untuk merokok pipa.

7. Biara Buckland , Devon

Semangat terkutuk Sir Francis Drake dikatakan menghantui situs ini, mengendarai kereta melintasi Dartmoor yang ditarik oleh kuda tanpa kepala.

Ketika dia masih hidup, ada desas-desus bahwa dia telah mengalahkan Armada Spanyol hanya karena dia telah membuat perjanjian dengan iblis, jadi ada yang mengatakan bahwa dia juga diikuti oleh jin yang membuntutinya hingga tewas.

8. Kastil Dunster , Somerset

Benteng yang mengesankan ini dikatakan penuh dengan hantu, dengan anggota staf yang mengklaim telah melihat sosok paranormal, sensasi menyeramkan, dan memperhatikan hewan di sekitar gedung yang terkadang tampak tertekan tanpa alasan.

Ada laporan tentang seorang pria berpakaian hijau berjalan melalui bekas kandang kuda abad ke-17 yang sekarang menjadi toko, dan terkadang pajangan atau kotak yang belum dibuka telah rusak tanpa alasan yang dapat dijelaskan.

Seorang sukarelawan dikatakan mengalami trauma ketika kaki manusia tanpa tubuh muncul di depannya. Sementara, yang lain melaporkan mendengar langkah kaki yang keras di malam hari ketika mereka tahu bagian-bagian kastil itu kosong.

Di ruang bawah tanah, kerangka ditemukan dalam keadaan diborgol di pergelangan tangan dan pergelangan kaki bersama dengan sisa kerangka lainnya.

9. Rumah Ham, Surrey

Bangunan abad ke-17 ini dulunya adalah rumah Elizabeth Murray, seorang Duchess yang ambisius dan kejam. Ia dikenal suka memainkan permainan politik yang berbahaya.
Ada rumor yang beredar tentang mengapa orang-orang tertentu di dekatnya meninggal, dan dengan mudah membawanya naik tangga sosial.

Suara langkah kaki dan aroma mawar yang tak bisa dijelaskan telah dilaporkan suka muncul di gedung itu, serta jeritan hantu.

Di kamar lantai dasar, pengunjung sering mengatakan bahwa mereka merasakan suasana mencekik yang menindas, dan hewan peliharaan enggan masuk.

Selain itu, ada energi yang tidak biasa di kaca yang ada di gedung itu, sehingga hanya sedikit yang berani yang melihat kaca yang tampak mengesankan yang ada di dalam rumah tua itu.

10. Pulau Brownsea

Ada sesuatu yang cukup menyeramkan tentang hutan di Pulau Brownsea, terutama saat kabut laut muncul.

Dikatakan hantu akan terlihat berkeliaran di darat, dari seorang anak laki-laki dengan pakaian aneh yang muncul di tempat perkemahan pada malam hari. Sementara tukang kebun yang meninggal dikatakan merawat pohon buah-buahan di pulau itu.

Pengunjung juga mengaku mendengar kejadian aneh di kastil, dari tempat tidur berderak hingga sosok hantu yang melihat keluar dari jendela lantai atas.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/18/152327470/10-daftar-bangunan-kuno-inggris-yang-disebut-paling-berhantu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke