Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Covid-19 Bertambah 6, China Akan Uji 9 Juta Penduduk Kota

Keterangan itu disampaikan pejabat kesehatan pada Senin (12/10/2020), dan merupakan pengujian massal pertama dalam beberapa bulan.

Pada Minggu (11/10/2020) enam kasus dikonfirmasi di Qingdao yang berpenduduk 9,4 juta. Kasus-kasus itu berasal dari rumah sakit, kata komisi kesehatan Qingdao dalam pernyataannya hari ini.

Lima distrik akan diuji dalam tiga hari, dan semua penduduk kota dites dalam lima hari menurut pernyataan itu. Namun, para pejabat tidak memberikan angka pasti berapa orang yang akan dites.

Diberitakan AFP, China memiliki kemampuan tes cepat dan ekstensif. Komisi Kesehatan mengatakan, lebih dari 140.000 karyawan "institusi medis, pasien,dan personal yang baru dirawat" sudah dites di Qingdao sejak kasus-kasus itu dikonfirmasi.

Sebelumnya pada Juni sebagian besar wilayah ibu kota Beijing menggelar tes massal, setelah kota berpenduduk lebih dari 20 juta itu mendeteksi kasus virus corona yang terkait dengan pasar makanan.

"Negeri Panda" kini telah bangkit sejak virus bernama resmi SARS-CoV-2 itu muncul akhir tahun lalu, yang membuat salah satu negara poros perekonomian dunia itu harus lockdown.

Ratusan juta orang bepergian ke seluruh China dalam liburan Golden Week pekan lalu, sementara cepatnya tes dan lockdown berkontribusi menekan munculnya wabah Covid-19 gelombang kedua.

China juga sangat berambisi menjadi yang pertama menghasilkan vaksin corona. Beberapa perusahaan kini sudah memasuki uji coba tahap akhir.

Meski belum terbukti manjur, vaksin telah disuntikkan ke ratusan ribu pekerja dan tentara.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/12/164846170/kasus-covid-19-bertambah-6-china-akan-uji-9-juta-penduduk-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke