Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karena Covid-19, Trump Mengaku Hubungannya dengan Presiden China Memburuk

Dalam wawancara dengan Fox Sports, dia menuturkan sangat menikmati relasinya dengan presiden yang berkuasa sejak 2013 itu pada awalnya.

"Saya mempunyai hubungan yang sangat bagus dengan Presiden Xi. Saya menyukai dirinya. Tapi saya kini tak merasakannya lagi," keluh Trump.

Dia menuturkan sejak wabah Covid-19, di mana dia sering menyebutnya "Virus China", dia dan Xi Jinping sudah tidak berkomunikasi.

Sejak wabah virus corona merebak pada awal Januari, pemerintahan Trump berulang kali menuding Beijing bertanggung jawab.

Tudingan itu bahkan mengarah ke teori konspirasi bahwa virus itu berasal dari laboratorium di Wuhan, kota tempat pandemi pertama terdeteksi.

Trump mengatakan, kereenggangan dengan Presiden China berusia 67 tahun itu bahkan lebih buruk dibanding saat mereka terlibat perang dagang.

"Ini ribuan kali lebih buruk dari perang dagang dengan banyaknya kematian, ditambah lagi dunia tengah ditutup. Sangat memalukan," klaimnya.

Dilansir Russian Today Selasa (11/8/2020), China terus menerus membantah tudingan yang disampaikan Washington bahwa mereka adalah dalangnya.

Beijing bahkan menantang AS untuk menyediakan bukti yang mendukung klaim mereka jika Covid-19 itu memang berasal dari laboratorium do Wuhan.

Perseteruan itu bahkan merambah ke sektor bisnis, di mana Kementerian Keuangan AS menyatakan, perusahaan China yang melantai di bursa efek AS harus melakukan audit.

Kmeudian Trump mengancam bakal memblokir aplikasi berbagai video yang tengah populer, TikTok, kecuali diakuisisi oleh perusahaan AS.

Selain itu, dua negara juga saling menjatuhkan sanksi berkaitan dengan krisis politik yang tengah terjadi di Hong Kong.

https://www.kompas.com/global/read/2020/08/12/145019770/karena-covid-19-trump-mengaku-hubungannya-dengan-presiden-china-memburuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke