Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebulan Usai George Floyd Tewas, Ini 5 Perubahan yang Terjadi di Dunia

Perubahan-perubahan ini meliputi berbagai bidang, mulai definisi rasisme di kamus hingga fitur di video game.

Perubahannya juga tidak hanya di Amerika Serikat (AS), tapi juga terdapat di negara-negara lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah kelima perubahan tersebut.

1. Definisi rasisme di kamus Merriam-Webster akan diganti

Kamus referensi Amerika Serikat, Merriam-Webster akan mengubah definisi kata 'rasisme' berdasarkan permintaan seorang wanita kulit hitam, yang menginginkan definisi itu merefleksikan lebih baik akan penindasan terhadap warga kulit berwarna.

Kennedy Mitchum wanita Afrika-Amerika, lulusan baru Universitas Drake di Iowa menghubungi pihak Merriam-Webster, yang telah menerbitkan kamusnya sejak 1847 itu, mengusulkan pembaharuan istilah tersebut.

"Saya pada dasarnya memberitahu mereka bahwa mereka harus memasukkan bahwa ada sistem penindasan terhadap sebuah kelompok orang," ujar Mitchum kepada media lokal KMOV yang berafiliasi dengan CBS.

Saat ini kamus Merriam-Webster menawarkan tiga definisi rasisme, dan Sokolowski mengatakan bahwa definisi kedua telah memiliki poin yang dimaksud oleh Mitchum, namun dia mengatakan, "kami akan membuat definisinya lebih jelas dalam penerbitan kami selanjutnya."

2. Aktivis Suku Aborigin minta nama negara bagian Victoria diganti

Seorang aktivis Suku Aborigin dan mantan anggota parlemen Australia meminta nama negara bagian Victoria diganti.

Dilansir dari Daily Mail Selasa (16/6/2020), Lidia Thorpe anggota Majelis Legislatif Victoria 2017-2018 menyerukan perubahan, karena negara bagian tersebut dinamakan sesuai nama Ratu Inggris, Victoria.

Thorpe merupakan wanita Aborigin pertama yang terpilih menjadi anggota Parlemen Victoria.

Menurutnya, kelompok masyarakat adat dan pemerintah negara bagian harus mempertimbangkan gagasan itu.

3. Ribuan orang gugat lukisan di kereta emas Belanda

Sebuah petisi muncul usai viralnya foto kereta emas Belanda bergambar perbudakan di zaman kolonial.

Kereta bernama Gouden Koets, yang dalam bahasa Indonesia berarti kereta emas, memantik beragam reaksi warganet.

Pasalnya, empat panel lukisan di Gouden Koets menggambarkan kejayaan Belanda di era kolonial, termasuk saat menjajah Indonesia.

Lorraine Riva (47) WNI penyuka sejarah yang tinggal di Belanda, menyebutkan ada satu petisi yang menggugat kereta emas itu.

"Kabar paling gres, ada petisinya."

"(Petisinya) mulai kemarin malam (8/6/2020). Nama inisiatornya seperti orang Suriname keturunan India," ungkap Lorraine saat dihubungi Kompas.com Selasa (9/6/2020).

Wanita yang akrab dipanggil Yoyen itu merupakan salah satu warganet yang berkicau di Twitter, untuk memberi penjelasan tentang makna lukisan di Gouden Koets.

4. Mobil polisi di Fortnite dihapus

Kreator game Fortnite pada Senin (22/6/2020) mengumumkan, telah menghapus mobil-mobil polisi di mobile game yang populer itu, buntut dari maraknya demo anti-rasisme di AS.

Dalam update terbarunya pekan lalu, Fortnite mencantumkan pemberitahuan bahwa mereka tak lagi memunculkan mobil polisi.

Namun salah seorang sumber yang diwawancarai The Wall Street Journal sebagaimana dilansir AFP mengungkapkan, kebijakan ini diambil bukan karena faktor politik.

"Saya tidak akan mengatakan ini urusan politik. Menurut saya ini karena isu yang sedang sensitif di masyarakat".

5. Patung-patung dirobohkan

Demonstrasi menuntut keadilan atas kematian George Floyd juga meluas ke luar Amerika Serikat (AS). Beberapa patung tokoh dunia pun ikut jadi korban usai dirusak massa.

Pengrusakan patung ini dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tapi sama-sama terkait isu rasialisme yang sedang marak diperbincangkan.

Ada lima patung bersejarah di dunia yang dirusak saat demo George Floyd, yaitu Edward Colston (Inggris), Christopher Columbus (Boston, AS), Jefferson Davis (Virginia, AS), Leopold II (Belgia), dan Winston Churchill (Inggris).

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/26/165620770/sebulan-usai-george-floyd-tewas-ini-5-perubahan-yang-terjadi-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke