Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lays dan Cheetos Setop Produksi, Bagaimana Nasib Chiki dan Chitato?

Kompas.com - 18/02/2021, 14:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Produksi makanan ringan merek Lays, Cheetos, dan Doritos di Indonesia akan berhenti pada 18 Agustus 2020.

PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo yang menaungi ketiga merek snack tersebut.

"Saat ini ada masa transisi enam bulan untuk menyelesaikan transaksinya terhitung 17 Feb 2021," kata General Manager Corporate Communication ‎PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Stefanus Indrayana dihubungi Kompas.com, Kamis (18/2/2020).

Baca juga: Produksi Lays, Cheetos, dan Doritos di Indonesia Berhenti per Agustus 2021

Selain Lays, Cheetos, dan Doritos, Indofood juga terkenal dengan produksi makanan ringan seperti Chiki, Chitato, JetZ, dan Qtela.

Namun, Chiki, Chitato, JetZ, dan Qtela bukanlah produk lisensi dibawah naungan PepsiCo.

"Kami akan terus memproduksi, menjual dan mengembangkan merek-merek kami, seperti Chitato, Qtela, Chiki dan Jetz, yang telah lama menjadi salah satu makanan ringan favorit masyarakat Indonesia," kata Stefanus.

Sebelumnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ( ICBP) telah resmi membeli seluruh saham yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding B.V. (Fritolay), afisiliasi dari PepsiCo Inc pada PT Indofood Fritolay Makmur (IFL).

Baca juga: Sejarah Lays, Keripik Kentang yang Awalnya Dijual Pakai Mobil Keliling

IFL merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara PepsiCo dan ICBP yang bergerak di bidang makanan dan minuman ringan. Keduanya telah menjalin kerja sama selama 30 tahun.

IFL akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk-produk makanan ringan dengan merek milik PepsiCo di Indonesia pada bulan Agustus 2021.

PepsiCo dikutip dari berita Kompas.com yang tayang Rabu (17/2/2021) telah menyetujui penjualan saham minoritas yang dimiliki di IFL kepada ICBP.

Hal itu sekaligus menyelesaikan hubungan kemitraan antara kedua pihak.

Baca juga: 7 Varian Lays yang Unik, Ada Rasa Yoghurt dan Chicken & Waffle

PepsiCo dan afiliasinya juga telah sepakat untuk tidak memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan yang bersaing dengan produk IFL di Indonesia dalam periode tiga tahun sejak Agustus 2021.

PepsiCo ke depannya tetap akan menjual produk Quaker Oat di Indonesia.

Baca juga: 5 Fakta Unik Cheetos, Snack yang Dijual di Indonesia Sejak 1993

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com