Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Makanan India Otentik di Jakarta, Paket Makan Sepuasnya

KOMPAS.com - Minggu pagi sekitar pukul 10.00 saya menjadi tamu pertama dari Restoran India Ganesha Ek Sanskriti yang berlokasi dalam gedung perkantoran Jakarta Pusat. 

Satu jam berselang, restoran ini penuh dengan tamu yang mayoritas berwajah Asia Selatan. 

Saya takjub, mengingat restoran ini berada di lantai sembilan gedung BRI II, tanpa ada papan nama besar di depan gedung. Namun rupanya, terjawab dari makan yang disajikan. 

"Ganesha Ek Sanskriti ini terkenal di kalangan ekspatriat, setiap Sabtu dan Minggu kami juga  mengadakan buffet atau makan sepuasnya dan selalu penuh dipesan," kata Corporate Marketing Manager Ganesha Ek Sanskriti, Lutfia Zen, Minggu (25/6/2023). 

Setiap Sabtu ada prasmanan makanan India Selatan, sementara Minggu giliran makanan India Utara yang dihidangkan ke tamu. 

  • Resep Es Semangka India Segar, Takjil Segar dari 5 Bahan
  • 10 Street Food India Paling Populer, dari Paratha sampai Samosa

Pengunjung bisa mencicipi makanan India ini sepuasya, mulai dari makanan pembuka, inti, sampai penutup. 

Ada beberapa sajian yang sayang coba secara a la carte dan prasmanan. 

Makanan pembuka pertama adalah Pani Poori, camilan renyah berbentuk bola dengan isian sayuran. 

Camilan ini tidak asing bagi pencinta film Hollywood, karena bentuknya yang unik dan cara makannya yang disiram air mint segar sebelum disantap.

Pembuka yang renyah dengan rasa gurih pedas, mengingatkan akan rasa makanan ringan di pasaran yang akbran dengan lidah orang Indonesia.

Ada juga samosa, gorengan berbentuk segitiga yang mendunia. Tidak ketinggalan pangsit khas India yaitu momos,yang dimasak dengan cara dikukus. 

Sebagai makanan utama, saya mencoba Murgh, Ghost, dan Subz Biryani atau Biryani ayam, domba, dan sayuran campur. 

Biryani menggunakan beras basmati dengan ciri khas bulir yang panjang, setiap bulirnya berbalut dengan rempah India yang harum. 

Bahan protein di Biryani bukan cuma sebagai lauk, melainkan sari dari rasa nasi karena jus atau cairan daging dan sayur saat proses pemasakan yang menyerap sempurna ke beras.

  • Asal-usul Mangga, Buah dari India yang Mendunia
  • Resep Mango Lassi, Minuman Mangga Segar dari India

Saya juga mencoba Paneer Tikka Butter Masala yaitu keju khas India yang berbalut tepung dan diberi saus masala dan tidak ketinggalan Butter Chicken. 

Butter Chicken, daging ayam yang dimasak di tandoor (panggangan khas dari tanah liat) dengan bumbu tomat. 

Aroma ayam yang berasap dan cita rasa asam tomat serta creamy begitu nikmat ketika disantap dengan naan atau roti pipih.  

Bagi saya pencinta makanan India, cita rasa makanan yang saya santap ini terbilang sulit ditemui di Jakarta. Bumbunya tidak malu-malu atau berusaha menyesuaikan selera lokal. 

Makanan India dan Indonesia sama-sama menggunakan rempah yang loyal, tetapi pada makanan India kita akan menemukan makanan dengan banyak rempah kering yang dicampur dengan berbagai bahan lain sehingga teksturnya kental dan menyerupai saus, bukan kuah atau minyak.  

"Saat ini sudah banyak orang Indonesia yang mau mencoba makanan India khususnya anak muda," jelas Lutfhia. 

Sebagai penutup, saya mencicipi aneka manisan khas India di antaranya Jalebi, yang terbuat dari adonan tepung terigu goreng berbalut sirup gula. 

Namun, karena selera pribadi saya tidak sanggup menyantap Jalebi terlalu banyak lantaran rasanya yang giung atau terlalu manis. Beda dengan teman saya, yang justru sulit berhenti saat menyantap jalebi. 

  • Resep Sooji Ka Halwa, Makanan Penutup dari India
  • Resep Putu India yang Dibuat Adi MasterChef, Pendamping Makan Kari

Santapan Minggu saya tutup sembari minum Masala Tea atau teh susu rempah khas India setelah betualang rasa dalam prasmanan India Utara. 

Harga paket makan sepuasnya atau Indian Brunch di Ganesha Ek Sanskriti ini lebih kurang Rp 275.000. 

Sesi paket buffet ini mulai pukul 11.00-15.30 di Ganesha Ek Sanskriti Gedung BRI II Sudirman. Ada lima restoran Ganesha Ek Sanskriti tiga di Jakarta, satu di Bali, satu di Yogyakarta. 

Sebaiknya, tanyakan paket makanan kepada cabang restoran yang ingin kamu kunjungi, karena setiap cabangnya menawarkan paket makanan berbeda.  

https://www.kompas.com/food/read/2023/08/27/080700575/mencoba-makanan-india-otentik-di-jakarta-paket-makan-sepuasnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke