Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GoFood Buka Cloud Kitchen, Bagaimana Sistem di Dapur Bersama Itu?

JAKARTA, KOMPAS.com - Cloud kitchen atau dapur bersama belakangan ini sering menjadi perbincangan oleh pelaku bisnis kuliner.

Pasalnya konsep dapur bersama dapat memangkas biaya operasional, dari sewa tempat, perlengkapan restoran, hingga gaji SDM. Sehingga tren cloud kitchen atau dapur bersama sudah mulai banyak peminatnya.

GoFood meluncurkan dapur bersama miliknya sekitar Oktober dan November tahun lalu.

Platform digital yang menawarkan layanan online untuk pelanggan dan mitra kerja GoFood ini memiliki sistem yang telah ditetapkan untuk cloud kitchen atau dapur bersamanya.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan sistem dapur bersama milik GoFood, dalam webinar "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood" yang dilaksanakan pada Senin, 29 Juni 2020.

"Dalam waktu singkat kita sudah punya 27 kitchen di Jabodetabek, Bandung, dan Medan," papar Catherine Hindra Sutjahyo.

Konsep dapur bersama milik GoFood ini memberikan UMKM yang menjadi mitra kerja GoFood tergabung pada dapur yang dikhususkan untuk delivery.

Sehingga memudahkan driver, tidak harus mengantre bersama konsumen yang dine-in.

"Lokasi yang dipilih dapur bersama berdasarkan data, demand yang cukup baik. Mengundang partner GoFood untuk bergabung dan disediakan fasilitas, tinggal masuk, dan masak di sana.
Lokasinya buat driver lebih mudah dan accesibility," ujar Catherine.

Sistem yang ditawarkan bukan rental tetapi revenue sharing. Pada saat para pelaku UMKM bergabung, kebutuhan dasarnya ditanggung oleh GoFood, seperti gas, listrik, dan chiller.

Di dapur bersama itu akan ada sekat pembatas antar UMKM satu dengan lainnya. GoFood berencana untuk memperluas dan membuka kembali dapur bersama.

Pada dasarnya keunikan dari cloud kitchen atau juga disebut ghost kitchen adalah restoran fokus hanya menawarkan jasa pesan-antar saja.  Jadi tak ada area untuk tamu makan di tempat.

Banyak cloud kitchen yang dibangun khusus oleh perusahaan layanan pesan-antar makanan kemudian diisi oleh berbagai merek restoran.

https://www.kompas.com/food/read/2020/06/30/221000375/gofood-buka-cloud-kitchen-bagaimana-sistem-di-dapur-bersama-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke