Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih UIN di UTBK SNBT 2024 Tak Bisa Pakai KIP Kuliah Kemendikbud

Kompas.com - 25/03/2024, 15:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang mendaftar Universitas Islam Negeri (UIN) di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 tak bisa menggapai beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Koordinator Teknologi dan Sistem Informasi SNPMB, Prof Arif Djunaidy mengatakan, alasan daftar UIN tidak bisa memperoleh KIP Kuliah, karena kampus ini berada di bawah payung pembiayaan KIP Kementerian Agama (Kemenag).

"Siswa yang dapat KIP Kuliah tidak boleh memilih prodi di lingkungan PTKIN/UIN dengan catatan apapun. Karena dananya berasal dari Kemendikbud Ristek. Ini sangat penting," kata Arif dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di laman YouTube SNPMB BPPP, pada Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Dapat Rp 6,6 Juta Per Semester, Ini Cakupan KIP Kuliah Kemenag 2024

Jika peserta tetap ingin memilih prodi di PTKIN/UIN, pendaftar harus melepas pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbdud Ristek.

Tim Teknologi dan Sistem Informasi SNPMB, Rizky Januar Akbar menjelaskan, aplikasi pendaftaran SNBT 2024 sudah mengatur ketentuan peserta KIP Kuliah Kemendikbud Ristek yang memilih PTKIN.

Misalnya, saat memilih prodi pada SNBT 2024, maka akan muncul peringatan dengan tulisan merah sebagai "Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah".

"Kalau nanti teman-teman mencari universitas Islam, kok tidak ada? Tidak perlu panik, karena alasannya kamu adalah pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah. Jadi jangan bingung," ungkap Rizky.

Lalu, bagaimana jika ingin menggunakan KIP Kuliah untuk kuliah di UIN?

Agar bisa menggunakan KIP kuliah di UIN, siswa disarankan mengikuti seleksi yang diselenggarakan Kemenag, seperti yang akan dibuka pada April mendatang, yaitu Ujian Mandiri PTKIN.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT 2024 Dibuka, Daftar di Link Ini

Setiap tahun, Kemenag juga membuka KIP Kuliah Kemenag bagi siswa yang kuliah di UIN, STAIN, IAIN, dan perguruan tinggi keagamaan lainnya.

Syarat daftar KIP Kuliah Kemenag 2024

Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi persyaratan calon penerima Program KIP Kuliah Kemenag untuk PTKI tahun 2024.

Namun kamu bisa mengetahui persyaratannya secara lengkap berdasarkan pengumuman pada 2023, di antaranya:

1. Mahasiswa baru tahun masuk 2023 yang berasal dari lulusan MA/MAK/Diniyah Formal Ulya/SMA/sederajat angkatan tiga tahun terakhir. Misalnya, jika dibuka tahun 2024 maka siswa angkatan 2021, 2023, dan 2024 bisa mendaftar.

2. Memiliki keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Program Indonesia Pintar (PIP) SLTA atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Apabila mahasiswa belum memiliki KIP atau orangtua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orangtua/wali maksimal sebesar Rp 4 juta per bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 per bulan dibuktikan dengan mengisi form surat keterangan yang ditandatangani dan disahkan oleh pemerintah setempat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com