Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketatnya Persaingan Masuk Kedokteran UGM, 1 Kursi Diperebutkan 93 Orang

Kompas.com - 25/03/2024, 15:35 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program studi (Prodi) kedokteran menjadi salah satu prodi yang paling banyak diminati calon mahasiswa baru di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Banyaknya peminat pada prodi itu, membuat persaingan dalam proses seleksi menjadi sangat ketat karena jumlah kursi yang tersedia tidak banyak.

Dikutip dari laman resmi UGM, pada tahun 2023 di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) kuota di prodi kedokteran UGM ada 42 kursi sementara yang mendaftar ada 3.766 orang.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, UGM, Unhas, dan Unpad Jalur SNBT 2024

Pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 kuota mahasiswa baru yang diterima hanya 70 orang dan pendaftarnya ada 3.766 orang.

Sedangkan pada jalur mandiri tahun 2023 jumlah kuota yang disediakan hanya satu kursi dan diperebutkan 90 orang.

Sementara pada tahun ini, kuota penerimaan mahasiswa baru prodi kedokteran UGM di jalur SNBT ada 54 kursi.

Banyak prodi rumpun kesehatan

Selain kedokteran, UGM juga memiliki beberapa prodi terkait kesehatan lainnya seperti ilmu keperawatan dan gizi kesehatan.

Di prodi S1 ilmu keperawatan, mahasiswa akan dididik untuk menjadi lulusan yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di semua tatanan pelayanan Kesehatan yang berbasis bukti dan peka budaya.

Sementara di prodi S1 gizi kesehatan, mahasiswa dididik agar dapat bekerja dan mengabdikan dirinya dalam upaya perbaikan gizi dan upaya asuhan gizi yang terstandar.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 9 Kampus Swasta, Ada yang Rp 899,5 Juta

Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM Prof. Yodi Mahendradhata prodi S1 kedokteran dan profesi dokter, sudah terakreditasi penuh oleh Akkreditierungsagentur fur Studiengange der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN).

Sementara prodi S1 gizi sudah bersertifikasi internasional oleh Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA).

Sedangkan prodi ilmu keperawatan tengah pengajuan akreditasi internasional The Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN) yakni lembaga akreditasi pendidikan keperawatan internasional yang berbasis di Amerika Serikat.

"Untuk mendukung kualitas pendidikan akademik semakin berkualitas dan berstandar internasional, kita secara rutin melakukan akreditasi program studi serta berusaha mendapatkan sertifikasi internasional," ujar Prof. Yodi dikutip dari laman resmi UGM, Minggu (24/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com