Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Cara Daftar KJMU 2024, Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester

Kompas.com - 07/02/2024, 17:32 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bagi siswa SMA, MA dan SMK sederajat kelas 12 untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

KJMU merupakan program strategis Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta berupa bantuan sebesar Rp 1.500.000 per bulan atau Rp 9.000.000 per semester bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang memenuhi kriteria untuk menempuh Pendidikan Program Diploma atau Sarjana (Jenjang D3, D4, dan S1) sampai selesai dan tepat waktu.

Baca juga: Syarat Daftar KJMU 2024 untuk Mahasiswa, Bantuan Rp 9 Juta Per Semester

Bantuan ini diberikan bagi calon mahasiswa yang akan berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Biasanya KJMU dibuka dalam beberapa tahap setiap tahunnya.

Lalu, kapan pendaftaran KJMU 2024 dibuka?

Merujuk pada jadwal tahun 2023, pendaftaran KJMU tahap 1 dibuka bulan Februari. Sambil menunggu pembukaan pendaftaran, siswa bisa cek dulu apa saja persyaratan dan cara daftar KJMU 2024.

Persyaratan umum daftar KJMU

Guna menerima manfaat dari KJMU, terdapat syarat daftar KJMU, yaitu:

1. Berdomisili dan memiliki KTP serta KK DKI Jakarta

2. Terdaftar dalam DTKS, DTKS Daerah dan/atau warga binaan sosial pada panti sosial Dinas Sosial

3. Tidak menerima beasiswa/bantuan pendidikan lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Dalam Negeri Buka Awal 2024, LPDP hingga Telkom

Persyaratan umum daftar KJMU

Dinyatakan lulus dari pendidikan menengah pada satuan pendidikan negeri/swasta di DKI Jakarta paling lama 3 tahun sebelumnya. 

Dinyatakan lulus pada PTN jalur reguler di bawah naungan Kemendikbudristek dan Kemenag. 

Dinyatakan lulus pada PTS jalur reguler terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A atau unggul di DKI Jakarta pada bidang prioritas sesuai RPJMD tahun berjalan. 

Bagi calon penerima KJMU yang sudah berstatus sebagai mahasiswa, ada ketentuan tambahan persyaratan khusus yakni pengajuan sebagai calon penerima baru KJMU maksimal hingga semester 4 (tidak diperkenankan bagi mahasiswa lanjutan lebih dari semester 4).

Baca juga: Cerita Liza, Lolos 5 Kampus Luar Negeri Pakai Beasiswa LPDP

Cara daftar KJMU 2024

Dilansir dari laman KJMU, sampai saat ini ada 110 PTN yang bergabung dalam program ini. Mulai politeknik sampai kampus Universitas Islam Negeri (UIN).

Sementara itu, PTS yang telah terdaftar oleh Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta tahun berjalan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com