Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unair Bagikan Tips Lolos IISMA 2024, Ditutup 14 Februari

Kompas.com - 07/02/2024, 09:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) masih dibuka hingga Rabu, (14/2/2024) mendatang.

Mahasiswa yang ingin merasakan kuliah di kampus top luar negeri, bisa mencoba mendaftar program IISMA 2024 ini.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unair (Universitas Airlangga) sekaligus Co-Student representative IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) Palacky 2022 Awardees Wahidah Mevi Nihayah memberikan pengalaman dan beberapa tips agar lolos program IISMA 2024.

Mevi membagikan pengalamannya lolos program IISMA dan belajar di Palacky University Olomouc, Republik Ceko.

Baca juga: 3 Skema Beasiswa IISMA 2024, Pendaftar Wajib Tahu

Keuntungan dan tantangan ikut program IISMA

Dia membagikan tips ini kepada mahasiswa Unair pada acara Webinar Nasional dengan tajuk "Strategi Sukses Lolos Beasiswa IISMA 2024".

Tidak hanya itu, Mevi turut memaparkan materi terkait proses seleksi serta memberikan tips dan tricks yang bermanfaat untuk diterapkan saat mendaftar IISMA.

Mevi mengaku, merasakan banyak keuntungan dengan mengikuti IISMA. Diantaranya adalah dapat menjalin hubungan internasional dengan teman dari berbagai belahan dunia.

Ia merasa skill cultural intelligence-nya meningkat selama IISMA karena bertemu orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda dan hidup di negara yang budayanya unfamiliar.

"IISMA memberikan kita kesempatan untuk belajar mata kuliah yang tidak linier dengan program studi kita. Pada akhirnya, aku sangat bersyukur karena pengetahuan di bidang disiplin ilmu lain itu mampu memperkuat dan melengkapi apa yang udah aku pelajari di Ilmu Komunikasi UNAIR," terang Mevi seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (7/2/2024).

Mevi menambahkan, selama mengikuti program IISMA ini juga menemukan sejumlah tantangan.

Tantangan yang paling ia rasakan adalah cuaca yang sangat berbeda antara Ceko dengan Indonesia, terutama Surabaya.

Selain itu, juga walking culture dan makanan yang cenderung lebih mild sempat menjadi kendala baginya.

"IISMA is not just all about the rainbows. Di samping keuntungan yang kurasakan, pastinya ada tantangan juga. Akan tetapi, lambat laun aku bisa beradaptasi dengan perbedaan itu," terangnya.

Baca juga: Cek Daftar Kampus Top Tujuan IISMA 2024, Dibuka 3 Hari Lagi

Tips sebelum menulis esai untuk daftar IISMA 2024

Mevi menambahkan, esai merupakan salah satu dokumen yang sangat krusial dari IISMA karena asesor mampu menilai pendaftar melalui esai.

Mevi pun membagikan beberapa tips yang dapat mahasiswa lakukan sebelum menulis essay. Tips pertama yang dituturkan Mevi adalah menemukan tujuan yang unik dan sebenarnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com