Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan IISMA 2024 Jalur "Co-funding" dan Syarat Daftarnya

Kompas.com - 25/01/2024, 06:38 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran IISMA 2024 atau Indonesian International Student Mobility Awards sudah dibuka sejak Selasa (23/1/2024) lalu.

Mahasiswa yang berencana mendaftar IISMA 2024, perlu tahu bahwa ada tiga jalur IISMA 2024 yang bisa kamu coba daftar.

Tiga jalur IISMA 2024 yakni jalur reguler, afirmasi, dan co-funding. Bagi mahasiswa yang tertarik mendaftar IISMA 2024 jalur co-funding perlu tahu syarat yang harus dipenuhi.

Program IISMA dari Kemendikbud Ristek membuka kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran selama satu semester di berbagai kampus top dunia.

Baca juga: Cara Daftar IISMA 2024 beserta Linknya

Penjelasan IISMA 2024 jalur co-funding

Mahasiswa yang mendaftar jalur IISMA 2024 co-funding juga perlu menyiapkan dana selama mengenyam pendidikan di luar negeri.

Pasalnya pembiayaan IISMA 2024 jalur co-funding adalah skema pendanaan parsial. Sehingga penyelenggara beasiswa atau Kemendikbud Ristek hanya mendanai sebagian saja.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kamis (24/1/2024) pada IISMA 2024 jalur co-funding, sebagian pendanaan program ditanggung oleh pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Sedangkan sebagian komponen pendanaan ditanggung secara mandiri oleh mahasiswa. Cakupan beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendaftaran, biaya pendidikan atau tuition fee, serta biaya penerbangan.

Pada IISMA 2024 ini terdapat terdapat peningkatan jumlah kuota yang dibuka bagi 3.000 hingga 3.300 peserta, dengan perguruan tinggi mitra sebanyak 140 hingga 150 universitas tersebar di 30 negara.

Dalam pelaksanaan IISMA 2024, jalur seleksi yang dibuka secara bersamaan pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan keberangkatan yaitu dua jalur saja yakni jalur Afirmasi dan Reguler.

Jalur afirmasi ditujukan bagi para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah, dan mahasiswa yang berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden.

Setelah pengumuman kedua jalur tersebut, baru kemudian pendaftaran IISMA 2024 jalur co-funding akan dibuka.

Baca juga: Cerita Inja, Tolak Gaji Fantastis di AS demi Majukan Pendidikan NTT

Syarat daftar IISMA 2024 jalur co-funding

Jalur IISMA 2024 co-funding ini ditujukan bagi peserta yang belum lulus seleksi di jalur reguler, dengan ketentuan pilihan perguruan tinggi yang terbatas, dan pendanaan parsial dari Kemendikbud Ristek dan mahasiswa

Berikut persyaratan untuk mendaftar IISMA 2024 jalur co-funding yang perlu diperhatikan mahasiswa:

1. Mahasiswa aktif yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) atau belum lulus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com