Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sekolah Kedinasan di Medan, Milik Kemenhub dan Kemenperin

Kompas.com - 31/08/2023, 21:40 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan di Medan, Sumatera Utara bisa menjadi pilihan lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan.

Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan menjadi pilihan bagus karena bisa mendapatkan sejumlah keuntungan.

Salah satu yang jadi daya tarik utama adalah setelah lulus bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kementerian atau instansi yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Namun asal tahu saja, tidak semua sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas lho.

Meski tidak ada status ikatan dinas, namun tak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi CPNS atau di perusahaan lain.

Baca juga: 6 Sekolah Kedinasan di Jawa Timur, Ada Incaranmu?

Sekolah kedinasan di Medan

Dilansir dari laman masing-masing sekolah kedinasan, sekolah kedinasan di Medan ada yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Kesehatan hingga Kementerian Perindustrian. Berikut sekolah kedinasan di Medan yang bisa jadi pilihan:

1. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan

Poltekbang Medan beralamat di Jalan Penerbangan Nomor 85 Jamin Ginting Km 8,5, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, 20131.

Poltekbang Medan menyediakan program studi D3 Teknik Listrik Bandar Udara, D3 Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, D3 Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara, D3 Pemanduan Lalu Lintas Udara.

Politeknik Penerbangan Medan merupakan perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Perhubungan yang berada di bawah dan tanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Politeknik Penerbangan Medan melaksanakan tugas menyelenggarakan program pendidikan vokasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penerbangan serta Diklat Transportasi Udara.

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan di Jawa Tengah bagi Lulusan SMA: Akpol hingga Akmil

2. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan

Selain sekolah kedinasan milik Kemenhub, di Pulau Sumatera juga ada sekolah kedinasan milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan ini bisa dipilih siswa SMA sederajat yang ingin kuliah dan memilih bidang kesehatan.

Poltekkes Kemenkes Medan menyediakan sejumlah program studi, seperti D3 Teknologi Laboratorium Medis, D3 Farmasi, D3 Gizi, D3 Keperawatan, D3 Keperawatan Gigi, D3 Kesehatan Lingkungan dan D3 Kebidanan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com