Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Dapat Beasiswa UI 2023, Bisa Kuliah Gratis dan Ada Uang Saku

Kompas.com - 30/07/2023, 15:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) agar tidak merasa khawatir dengan biaya kuliah yang mahal, karena ada kesempatan mendapatkan beasiswa.

Beasiswa yang ditawarkan UI bisa memfasilitasi mahasiswa untuk kuliah gratis atau mendapatkan uang saku. 

Dilansir dari laman UI, ada dua kategori beasiswa yang bisa diambil mahasiswa. Pertama, beasiswa yang berasal dari UI dan yang kedua adalah beasiswa yang berasal dari sponsor.

Beasiswa yang berasal UI misalnya berupa keringanan dari penetapan BOP-B, dan beasiswa kerja paruh waktu. Beasiswa paruh waktu adalah program kerja paruh waktu bagi mahasiswa yang ingin bekerja paruh waktu di berbagai unit kerja di lingkungan UI.

Baca juga: 3 Beasiswa D4/S1 UGM, Bisa Bebas UKT dan Uang Saku sampai Rp 50 Juta

Sementara beasiswa dari sponsor, yakni pendanaan yang berasal dari pemerintah, perusahaan, perseorangan, yayasan, dan lain-lain. Contohnya, BP MIGAS, Bank Indonesia, Sumitomo, Indocement, Exxon-Mobil, BRI, Karya Salemba 4 dan lain-lain.

Biasanya beasiswa dari sponsor terbagi dari tiga jenis, yaitu beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan beasiswa campuran. Untuk jangka waktu pemberian beasiswa juga beragam. Jadi mahasiswa, pastikan cek durasi, cakupan beasiswa yang ada. 

Persyaratan daftar beasiswa UI 2023

Untuk persyaratan beasiswa UI ini mahasiswa harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan serta memahami dan menjalani setiap proses atau langkah yang telah ditentukan.

Persyaratan dari masing-masing beasiswa biasanya berbeda-beda, tergantung dari syarat yang diajukan. Tetapi secara umum persyaratan biasanya meliputi:

1. IPK minimal 3.01

2. Salinan slip gaji orang tua

3. Salinan Kartu Keluarga

4. Salinan Kartu Identitas Mahasiswa (KTM)

5. Daftar riwayat hidup

6. Mengisi formulir beasiswa dan surat pernyataan bukan perokok aktif

7. Persyaratan lain sesuai masing-masing beasiswa.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com