Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Industri Pariwisata, IP Trisakti dan Taman Wisata Candi TMII Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 25/07/2023, 13:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Pariwisata (IP) Trisakti menjalin kerja sama dengan Taman Wisata Candi (TWC) Taman Mini Indonesia Indah yang dituangkan melalui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bertempat di TWC, TMII (17/7/2023).

Penandatanganan MoU dilakukan Rektor IP Trisakti Fetty Asmaniaty dan Direktur Keuangan, Management Resiko dan SDM PT. TWC Borobudur TMII Muhammad Nur Shodik. 

Dalam sambutan, Fetty Asmaniaty menyampaikan, dengan kerja sama ini IP Trisakti dapat membantu pembiayaan dalam program studi lanjut terkait pengembangan SDM PT. TWC TMII.

“Dipersilahkan PT. TWC Taman Mini Indonesia Indah terkait dengan pengembangan SDM untuk studi lanjut di IP Trisakti, dan terkait pendanaan akan kami bantu dengan adanya kerja sama ini”. Kata Ibu Fetty

Terkait kerja sama ini, Rektor IP Trisakti menjelaskan, pihaknya kerap menerima kunjungan tamu luar negeri, termasuk dari perguruan tinggi mancanegara seperti Wuxi Institute of Tourism & Guilin Tourism University (China), Burapha University (Thailand), James Cook University (JCU), IMI (Switzerland).

Fetty mengungkapkan, tamu asing yang datang ke Indonesia nantinya akan diarahkan mengunjungi TMII. “Tamu kami yang berasal dari luar negeri, wajib hukumnya untuk mengunjungi TWC Taman Mini Indonesia Indah," ujarnya.

Rektor IP Trisakti Fetty Asmaniaty dan Direktur Keuangan, Management Resiko dan SDM PT. TWC Borobudur TMII Muhammad Nur Shodik.  
DOK. IP TRISAKTI Rektor IP Trisakti Fetty Asmaniaty dan Direktur Keuangan, Management Resiko dan SDM PT. TWC Borobudur TMII Muhammad Nur Shodik.

Selain pendidikan formal, IP Trisakti juga membuka peluang bagi PT. TWC TMII yang ingin meningkatkan SDM terkait dengan Pengabdian Kepada Masyarakat, Pelatihan Pembuatan Kuliner, dan lainnya.

Fetty juga menjelaskan, Institut Pariwisata Trisakti saat ini memiliki tujuh program studi yaitu Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan, Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata, Sarjana Pariwisata, Bisnis Digital, Kewirausahaan, Magister Pariwisata dan Doktoral Pariwisata.

Dalam kesempatan sama, Muhammad Nur Shodik berharap, MoU ini dapat membantu pengembangan pariwisata Indonesia dari pusat kajian pariwisata serta kerja sama antara kedua belah pihak dapat berlangsung secara berkelanjutan dan bermanfaat bagi Indonesia.

Baca juga: Dukung Konektivitas dan Sektor Pariwisata hingga Wilayah 3T, ASDP Operasikan 86 Unit Kapal Layani 207 Lintasan Perintis

Turut hadir dalam penandatanganan kerja sama ini Djoni Wibowo (Wakil Rektor I), Nurbaeti (Wakil Rektor II), dan Ismeth Emier Osman (Wakil Rektor III). Selain itu mendampingi pula dari Pusat Kajian Pariwisata; Tri Djoko, Amrullah, Rianto, Pradhipta, serta Prof. Willy Arafah dan Dyah Pramanik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com