Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sosok Arielya, Peserta Termuda Lolos SNBT 2023 Unair

Kompas.com - 25/06/2023, 19:51 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Albertus Adit

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Arielya Ramadhani Sasono (15), merupakan peserta termuda yang bisa lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Perempuan yang tinggal di Sidoarjo itu mengaku tidak menyangka bisa masuk Program Studi (Prodi) Manajemen Unair. Saat SNBT, dia pun memilih Universitas Brawijaya (UB) Malang sebagai pilihan kedua.

"Ketika pengumuman (SNBT) 20 Juni, kaget diterima di Manajemen Unair. Pilihan kedua saya milih UB, jurusan Ilmu Komunikasi," kata Ariel, ketika dikonfirmasi, Minggu (25/6/2023).

Bahkan, Ariel juga kaget, ternyata bisa menjadi mahasiswa SNBT termuda di Unair. Sebab, dia berpikir akan banyak peserta lain turut mendaftar dengan usia yang tak jauh dengannya.

Baca juga: 20 PTN Pendaftar Terbanyak di SNBT 2023, UB Nomor 1

"Bersyukur, enggak menyangka bisa jadi mahasiswa termuda, karena pasti banyak yang kelahiran tahun 2007, dan ikut berjuang SNBT juga," jelasnya.

Di sisi lain, kata Ariel, kedua orangtuanya ketika itu sangat optimis dirinya bisa lolos SNBT 2023 Unair. Sebab, kecerdasan wanita itu sudah terlihat sejak bersekolah.

"Saat saya jadi mahasiswa termuda itu orangtua sebenarnya sudah berpikir seperti itu, karena sejak SMA saya juga paling muda. Katanya, kalau sekarang lulus kelihatan kalau paling muda," ucapnya.

Ariel sendiri, sudah termasuk dalam siswi paling muda ketika bersekolah di TK Dharma Wanita, Candi, Sidoarjo. Ketika itu, usianya baru saja menginjak tiga tahun, sedangkan temanya sudah berumur empat tahun.

Kemudian, Ariel masuk SD Negeri Klurak Sidoarjo pada umur lima tahun, padahal kawannya sekelas berusia enam tahun. Lalu, dia mengikuti program akselerasi ketika bersekolah di SMPN 1 Sidoarjo.

"Dulu saya masuk TK umur tiga tahun, jadi dari awal udah kecepetan, terus masuk SD umur lima tahun, SMP saya akselerasi umur 11 tahun, SMAN 1 Sidoarjo tiga tahun kayak siswa lainnya," ujar dia.

Saat ini, Ariel menyebut bakal fokus untuk menuntaskan kuliahnya di Unair. Dia berencana mengikuti semua kegiatan di kampus yang berada di Jalan Airlangga tersebut.

"Saya berharap bisa menjalani kuliah dengan lancar, nilai memuaskan, bisa aktif beroganisasi, mengikuti kuliah, lomba, terus dapat sertifikat," katanya.

Ariel mengungkapkan, agar peserta lainnya yang tidak lolos dalam UTBK SNBT 2023 untuk tidak patah semangat. Sebab menurut dia, belajar dan berdoa merupakan kunci agar bisa meraih sesuatu.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik di Indonesia, Nomor 3 Tak Disangka-sangka

"Tetap percaya kalau Allah membantu kita, meski asalnya enggak mungkin, tetap percaya Allah membantu kita, kuatin jalur langit, belajarnya juga," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com