Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Kemnaker: Ini Cara Meraih Sukses Meski IPK Kecil

Kompas.com - 17/06/2023, 07:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat melamar pekerjaan, biasanya perusahaan mensyaratkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan jumlah tertentu.

Bahkan ada banyak perusahaan yang mensyaratkan nilai IPK harus lebih dari 3,00 bagi lulusan Sarjana yang ingin mendaftar.

Namun bagi lulusan Sarjana yang punya IPK kecil, jangan berkecil hati karena ukuran kesuksesan tidak hanya dilihat dari nilai IPK semata.

Melansir akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (16/6/2023) ada cara yang bisa dilakukan lulusan dengan IPK kecil untuk meraih kesukesaan.

Baca juga: Honda Buka Lowongan Kerja D3-S1 dari Banyak Jurusan, Ini Infonya

Cara sukses meski IPK kecil

Para pencari kerja dengan IPK kecil punya kesempatan besar untuk meraih kesukesan di masa depan meski IPK kecil. Kamu bisa mencoba cara untuk menangkis keraguan saat melamar kerja:

1. Pendekatan Program To Solution (P to S)

Teknik ini menjelaskan hal yang negatif di awal, kemudian diakhiri dengan hal positif.

Contoh: IPK saya 2,75, tapi saya sangat mahir dalam mata kuliah editing video.

Sehingga saat berada di bangku kuliah, kamu tidak hanya mengejar nilai yang bagus saja. Namun juga menambah kompetensi dengan berbagai keterampilan yang bisa mendukung kamu setelah lulus.

2. Analis penyebabnya dan cari masalahnya

Kamu bisa menelusuri lagi dengan mengingat kembali di semester yang nilainya kurang baik, apa penyebabnya? Jika kamu telah mengetahuinya, coba jelaskan masalahnya.

Baca juga: Jalur Mandiri Unsoed 2023 Dibuka: Ini Syarat, Biaya dan Jadwalnya

3. Teknik Cover-With-Lid

Saat melamar pekerjaan tonjolkan pengalaman kerja dan kompetensimu. Kamu juga bisa menceritakan apa saja keberhasilan dari pengalaman sebelumnya.

Itulah 3 cara sukses meskipun lulus dengan IPK kecil. Meski IPK kecil, saat melamar lowongan kerja kamu bisa mengungkapkan keahlian atau keterampilan yang dimiliki.

Sehingga keterampilan yang kamu miliki menjadi nilai plus yang bisa dipertimbangkan pihak perusahaan untuk menerima lamaran kerja kamu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com