Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Negara dengan Teknologi Digital Paling Maju untuk Kuliah di Luar Negeri

Kompas.com - 05/04/2023, 17:23 WIB
Dwi Oktariana,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era digital yang semakin maju, ada banyak universitas yang menawarkan beragam jurusan kuliah yang mendukung kemajuan teknologi dan digitalisasi demi memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang tersebut.

Lulusan dari beberapa jurusan kuliah yang berada di bidang teknologi digital juga diramalkan akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Dalam World Economic Forum (WEF), disebutkan bahwa terdapat beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang besar di dunia digital hingga 2030 mendatang, seperti Analis Data dan Ilmuwan, Spesialis Artificial Intelligence (AI), Spesialis Transformasi Digital, dan Spesialis Pemasaran dan Strategi Digital.

Baca juga: Ingin Kuliah dan Kerja di Luar Negeri? 4 Kampus Ini Punya Fasilitas Bimbingan Karier

Beberapa negara di dunia sendiri telah memiliki kampus-kampus yang mendukung perkembangan teknologi digital. Negara-negara tersebut juga dianggap sebagai negara dengan teknologi digital paling maju di dunia.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkuliah di jurusan bidang teknologi digital, maka kuliah di luar negeri dengan teknologi digital paling maju dapat menjadi rekomendasi saat memilih negara tujuan.

Dilansir dari akun Instagram @titiknolenglish, berikut 4 negara beserta universitas dengan teknologi digital paling maju yang bisa jadi rekomendasi kuliah di luar negeri.

Baca juga: 4 Beasiswa D3-S3 Luar Negeri, Ada Biaya Transportasi dan Visa Gratis

1. Jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara di Asia dengan perkembangan teknologi digitalnya yang paling pesat. Di negara ini, teknologi digital telah digunakan di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Jepang juga menjadi salah satu negara dengan kontribusi yang besar di bidang industri mobil, elektronik, mesin, dan robot industri.

Untuk kamu yang tertarik berkuliah di Jepang, bisa memilih kampus-kampus top di bidang teknologi seperti University of Tokyo, Kyoto University, Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech), dan Osaka University.

Baca juga: Global Korea Scholarship 2023 Dibuka, Ini Persyaratannya

2. Korea Selatan

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan teknologi digital di Korea Selatan sangat menarik perhatian dunia. Industri entertainment menjadi salah satu bidang yang paling memanfaatkan perkembangan digital di negeri ginseng tersebut.

Tidak hanya itu, Korsel juga dikenal sebagai negara dengan kecepatan internet paling kencang di dunia.

Bila kamu ingin berkuliah di Korea Selatan, kampus seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Yonsei University, Seoul National University (SNU), dan Korea University bisa menjadi tempat belajar teknologi digital yang tepat.

Baca juga: Cambridge hingga Boston, Ini Pilihan Kampus Beasiswa IISMA 2023

3. China

Sebagai negara dengan pertumbuhan teknologi tercepat dalam beberapa tahun terakhir, China bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih negara tujuan untuk berkuliah.

Beberapa perusahaan teknologi besar seperti Huawei, Alibaba, dan Tencent telah membuktikan keberhasilan China dalam mengembangkan industri teknologi dan digital.

China sendiri berfokus pada bidang robotika, semikonduktor, superkomputer, dan kereta api berkecepatan tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com