Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skema SNPMB Tingkatkan Standar Kompetensi Siswa

Kompas.com - 18/01/2023, 17:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbud Ristek, Rahmawati menjelaskan skema baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) ialah upaya pemerintah meningkatkan standar kompetensi siswa.

Ada dua seleksi masuk PTN lewat SNPMB, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN atau SNBP 2023, Mulai Rp 0

Hal itu agar siswa Indonesia menjadi sumber daya manusia unggul.

"Pada skema baru ini, pemerintah mengedepankan prinsip-prinsip perubahan, seperti berfokus pada kemampuan penalaran, transparan, terintegrasi, serta lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman siswa," kata dia dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Untuk menjawab kebutuhan peserta yang ikut SNPMB, perusahaan teknologi pendidikan Quipper menyediakan berbagai persiapan materi intensif yang berhubungan dengan pelaksanaan UTBK-SNBT.

Content Associate Manager Quipper Indonesia, Tubagus Septian menyebut pihaknya telah menyediakan sejumlah materi terbaru mempersiapkan siswa menghadapi SNBT UTBK 2023.

Materi intensif UTBK 2023, yakni mencakup tujuh materi sub tes SNBT terbaru, video pembahasan, catatan belajar yang komprehensif, dan latihan soal berbasis penalaran, literasi, dan numerasi.

Baca juga: Ikut SNPMB 2023? Ini 7 PTN dengan Lulusan Cepat Dapat Kerja

Dia mengaku Quipper ingin memudahkan persiapan siswa dengan penyesuaian dan tambahan materi.

Hal itu agar siswa mampu menghadapi SNBT dengan lebih maksimal dan terarah.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim telah menyatakan, Kemendikbud mengubah skema dan regulasi seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN 2023.

Salah satu poin penting pada SNBT adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi dengan total tujuh subtes.

Ketujuh subtes itu, yakni Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi dalam Bahasa Indonesia.

Baca juga: 9 Kampus dengan Bidang Kedokteran Terbaik di Indonesia 2022

Selain itu, dites pula Literasi dalam Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com