Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pesan Gizi Seimbang untuk Anak Sekolah

Kompas.com - 15/11/2022, 09:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia maju tentu harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Tentu, SDM unggul bisa dimulai dengan generasi muda yang sehat, cerdas dan berkarakter.

Terkait hal itu, beberapa waktu lalu Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim meluncurkan kampanye Sekolah Sehat sebagai upaya revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Dalam kampanye itu, ada 3 prioritas utama yang ingin dicapai di mana salah satunya adalah sehat bergizi yang menekankan edukasi mengenai gizi seimbang.

Gizi seimbang ini harus dipahami oleh para siswa sekolah sebegai generasi penerus bangsa. Guna mewujudkan gizi seimbang, Kementerian Kesehatan mengeluarkan pedoman pola hidup sehat dengan gizi seimbang melalui '10 Pesan Gizi Seimbang'.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan yang Bermanfaat bagi Siswa

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (11/11/2022), ini 10 pesan gizi seimbang untuk anak sekolah.

Pesan gizi seimbang untuk anak sekolah

1. Makanan bergizi seimbang dan bervariasi

Bagi anak sekolah tentu harus makan makanan dengan gizi seimbang dan aman. Karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan risiko penyakit.

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah disertai dengan protein hewani dan nabati setiap kali makan. Berdasarkan fungsinya, terdapat tiga kelompok makanan yaitu kelompok makanan zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Jadi pastikan ketiganya ada dalam menu makanan.

2. Konsumsi makanan tinggi protein

Ini bisa berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh. Makanan yang tinggi protein berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh.

Apa saja yang termasuk makanan tinggi protein? Contohnya adalah ikan, tempe, tahu, ayam, daging, telur, dan kacang-kacangan. Makanan tinggi protein dapat membantu pertumbuhan otot, tulang, gigi, kulit, dan mengganti sel tubuh yang mati.

Baca juga: 10 Tips agar Anak Tetap Sehat Saat Musim Hujan

3. Cukupi kebutuhan air putih

Adapun pesan gizi seimbang untuk anak sekolah berikutnya ialah dengan mengonsumsi air putih. Disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas setiap hari.

Dengan mengonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelar per hari akan ada banyak manfaat yang dirasakan yaitu kelembaban kulit dan tubuh terjaga, racun dalam tubuh dapat keluar, kesehatan jantung juga menjadi lebih terjaga, serta meningkatkan konsentrasi dan metabolisme tubuh.

4. Perbanyak makan sayur dan buah

Tentunya, sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral terbaik. Selain itu, sayur dan buah juga merupakan sumber utama serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah itu juga berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal senyawa jahat dalam tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

5. Konsumsi gula, garam, dan lemak dibatasi

Gula, garam, dan lemak merupakan zat yang diperlukan tubuh. Namun kamu perlu memperhatikan konsumsi gula, garam, dan lemak sehari-hari agar tidak menimbulkan penyakit.

Jumlah maksimum konsumsi garam adalah sebanyak 1 sendok teh (5gr) per hari. Jumlah maksimum konsumsi gula adalah sebanyak 4 sendok makan (50gr) per hari. Sedangkan maksimum konsumsi lemak adalah 5 sendok makan (67gr) per hari.

Baca juga: 7 Tips Sehat di Musim Hujan dari Ners Unair

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com