Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mishel, Mahasiswi Asal Sumut Ingin Punya Bisnis Agriculture

Kompas.com - 13/09/2022, 17:10 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswi President University bernama Mishel Veronica Pandiangan tak tanggung-tanggung memiliki mimpi. Dia memiliki mimpi ingin mempunyai bisnis agriculture.

Mahasiswi asal Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut) ini kuliah di President University dengan mendapatkan beasiswa.

Baca juga: LTMPT: Kami Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN

Dia bercerita, di daerahnya tempat tinggal terdiri dari pegunungan dan perbukitan. Hal itu yang menjadi salah satu faktor penentu mayoritas masyarakat di sana bekerja sebagai petani.

"Dari situ saya ingin memiliki bisnis Agriculture, karena hasil bumi tempat saya tinggal banyak, ada nilam, kemenyan, jagung, kopi, umbi-umbian, dan sayur-mayur," kata dia dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Saat bercerita tentang komoditas kopi, dia menjelaskannya dengan lantang. Karena, wilayah Dairi, Sidikalang, cocok menjadi perkebunan kopi.

Hal tersebut, lanjutnya, menjadi salah satu hal yang memicu dirinya memilih jurusan Agriculture Business yang memang mempunyai kaitan erat di sektor pertanian.

"Di tempat kami tinggal, memang dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta terbaik. Berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur membuat Sidikalang mampu menghasilkan salah satu kopi terbaik di Nusantara," tutur dia dengan bangga.

Baca juga: SBMPTN Jadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, Ini Aturan Barunya

Dia mengaku antusias belajar mengenai Agriculture Business. Meski, jurusan ini adalah satu dari 3 jurusan yang baru di President University.

Awalnya, dia berpikir tidak mau masuk jurusan ini, karena masih baru. Namun, pikiran itu disingkirkannya.

"Saya akan menjadi angkatan pertama, artinya saya tidak memiliki senior yang mungkin akan saya butuhkan jika saya ingin menanyakan sesuatu yang penting," jelas dia.

Namun Mishel tak patah semangat. Justru, dia langsung tancap gas untuk kuliah.

"Sejauh ini saya bisa mengikuti proses belajar dan mengajarnya dengan baik. Walaupun jurusan ini baru, tetapi masih banyak orang yang menganggap Agribusiness adalah jurusan bercocok tanam," ungkap dia.

Padahal, jurusan yang dipilihnya ada kaitannya dengan hal pertanian.

Ditambah lagi, jurusan yang dipilihnya diajarkan ilmu manajemen dan marketing yang cocok dengan orang yang memiliki mimpi untuk menjadi pengusaha.

Baca juga: Perubahan Aturan Seleksi Masuk PTN 2023, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

"Saya punya mimpi besar miliki bisnis agrikultur. Jadi saya optimis bisa mewujudkan itu dengan kuliah di sini," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com