Kompas.com - 31/07/2022, 07:07 WIB
|

KOMPAS.com - Pada Wisuda Ketiga Institut Teknologi Bandung (ITB) TA 2021/2022 yang digelar, Sabtu (23/7/2022) lalu, ada yang menarik.

Yakni, ada satu lulusan bernama Lavita Nur’aviana Rizalputri yang menjadi lulusan pertama dari Program Studi Magister Teknologi Nano ITB.

Bahkan Lavita lulus dengan dengan predikat cumlaude. Ia juga memulai pendidikan S2 di tahun 2020 dalam kondisi pandemi yang serba daring.

Baca juga: Ini Cerita Dokter Gigi Unej Raih Nilai Tertinggi UKMP2DG Se-Indonesia

Meski penuh keterbatasan, tetapi tidak menghalangi niatnya untuk melakukan penelitian dan menyelesaikan studinya di ITB.

"Pas pertama masuk udah full online (kegiatan belajarnya), ke laboratorium juga ga bisa. Sedangkan Teknologi Nano ini fokusnya ke riset. Jadi harus menyesuaikan kondisi saat itu," ujarnya dikutip dari laman ITB, Jumat (29/7/2022).

Namun untungnya setelah satu semester ada kebijakan diperbolehkan masuk lab untuk pengerjaan tesis. "Jadi untuk penelitian bisa balik normal lagi meskipun kelas tetap online," imbuhnya.

Alasan tertarik teknologi nano

Dia menjelaskan mulai mengenal dunia nano material saat terlibat dalam riset bersama dosen ITB selama enam bulan pasca kelulusannya dari Program Studi Sarjana Teknik Biomedis ITB.

Di sana, ia bekerja sama dengan berbagai program studi, profesi, universitas, bahkan industri sehingga kesadaran akan pentingnya kolaborasi multidisiplin pun muncul.

Bersamaan dengan itu, ITB membuka Program Studi Magister Teknologi Nano untuk pertama kalinya di tahun 2020 yang mengusung konsep kolaborasi.

Baca juga: Pilot Wanita Garuda Indonesia Ini Ternyata Alumnus S2 Kenotariatan Undip

"Prodi ini berada langsung di bawah Sekolah Pascasarjana, gak di bawah Fakultas/Sekolah tertentu karena dosen-dosennya sendiri berasal dari berbagai fakultas," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.