Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Gelar Pengumuman Juara Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2022

Kompas.com - 08/07/2022, 21:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) menggelar pengumuman juara Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2022 secara hibrid pada Jumat, 8 Juli 2022 di Kampus A UNJ, Jakarta.

Sebagai informasi, Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2022 ini merupakan kerja sama antara BPU UNJ, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Pesona Education (Pesona Edu).

Rektor UNJ Prof. Komarudin melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com menyampaikan, kompetisi tingkat nasional ini merupakan event pertama yang dilakukan UNJ bekerja sama dengan mitra, khususnya Pesona Edu.

"Kompetisi Literasi Numerasi tingkat nasional yang terlaksana atas kerjasama BPU UNJ dengan Pesona Edu adalah salah satu dari upaya pembangunan SDM di sektor pendidikan," jelas Prof. Komarudin.

Selain menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara, sponsor dan pendukung acara, Rektor UNJ juga berharap agar kompetisi literasi dan numerasi ini dapat terus dilanjutkan secara berkala.

Dalam kesempatan sama, Prof. Sofia Hartati Ketua BPU UNJ menjelaskan, kerja sama yang dilakukan BPU UNJ melalui kompetisi ini sebagai upaya membangun jejaring dan menjalin komunikasi dengan berbagai sekolah.

"Acara ini juga sebagai wujud nyata UNJ dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan secara luas dengan melalui berbagai lomba yang diselenggarakan," tegas Prof. Sofia Hartati.

Ia juga berharap, kompetisi ini dapat memberi motivasi anak-anak untuk belajar dan terus berprestasi.

Baca juga: UGM dan Kemenkominfo Gelar KKN Perkuat Literasi Digital di 441 Desa

Ketua Pelaksana Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2022, Teguh Trianung Djoko Susanto menjelaskan, kegiatan kompetisi ini merupakan bagian dari pemetaan dan evaluasi pembelajaran pada kemampuan literasi dan numerasi siswa.

"Selain itu juga diharapkan melalui kegiatan ini turut memotivasi sekolah dan siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi," pungkas Teguh Trianung.

Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2022

Pembukaan Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional Tahun 2022 sudah dimulai sejak 15 Februari 2022, dan pada hari ini merupakan rangkaian pengumuman para juara dalam setiap kategorinya.

Kompetisi diadakan di tingkat nasional, terbuka untuk siswa tingkat SD, SMP,SMA, dan SMK di seluruh Indonesia. Tahapan dalam kegiatan ini meliputi, babak penyisihan, babak semi final, babak final, dan pengumuman.

Kompetisi ini sepenuhnya diselenggarakan dalam bentuk daring (online) berbasis Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan platform PesonaEdu A-Class.

Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2022 diikuti 3.971 sekolah yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Adapun rincian para peserta terdiri dari 9.469 peserta dari kategori jenjang SD.

Lalu terdapat 12.010 peserta dari kategori jenjang SMP, kemudian untuk jenjang SMA diikuti 12.205 peserta dan jenjang SMK diikuti 4.999 peserta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com