Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia-Ukraina Punya Satu Akar Budaya Kuat, Ini Penjelasan Pakar Unpad

Kompas.com - 27/02/2022, 11:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Serangan militer Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 menjadi sorotan dunia. Bahkan hingga Minggu (27/2/2022) pagi masih terjadi ledakan di dekat pusat kota Ukraina.

Menurut Dosen Program Studi Sastra Rusia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Supian, M.A., PhD., serangan militer ini merupakan konflik antar saudara kandung.

Hal ini disebabkan kedua negara berasal satu rumpun budaya yang sama, yaitu Slavia Timur. Tentu, pertempuran ini cukup disayangkan.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Makanan untuk Diet

"Ini sangat disayangkan terjadi konflik kakak-adik. Hal ini bisa diredamkan dengan budayanya sendiri," ujar Supian dikutip dari laman Unpad, Minggu (27/2/2022).

Beberapa faktor pemicu perang

Dijelaskan, Rusia dan Ukraina seperti Indonesia dan Malaysia. Karena itu, secara karakter masyarakat dan bahasa, Rusia-Ukraina tidak jauh berbeda.

Dari pengalaman Supian yang pernah tinggal selama 7 tahun di Kota Moskow dan Voronezh, perbatasan Rusia Ukraina, ia menemukan banyak warga negara Ukraina yang sehari-hari sekolah ataupun bekerja di Rusia.

Dua di antaranya berasal dari Provinsi Donestk dan Luhansk, wilayah di Ukraina yang akhirnya diakui kedaulatannya oleh Rusia. Setiap akhir pekan, mereka mudik ke Ukraina.

"Secara kekerabatan masyarakat, sebenarnya tidak ada masalah. Sampai sekarang pun masyarakat Rusia dan Ukraina biasa saja," ungkapnya.

Meski serumpun, budaya ternyata menjadi akar pemicu perang Rusia Ukraina. Ia menjelaskan, larangan penggunaan bahasa Rusia di sekolah Donestk dan Luhansk memicu lahirnya konflik tersebut.

Padahal, bahasa Rusia menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan di dua provinsi tersebut.

Baca juga: Mahasiswa S1, Ini Lho 5 Cara Lulus Kuliah Tepat Waktu

Selain itu, faktor ekonomi juga memperburuk masalah tersebut. Sebagai negara bekas pecahan Uni Soviet, tingkat ekonomi Ukraina ternyata tidak semaju Rusia yang notabene memegang saham terbesar dari aset Uni Soviet.

Karena itu, Ukraina membuka peluang investasi yang besar dari luar agar bisa mengatasi ketertinggalan di bidang ekonomi.

"Sedikit demi sedikit kemudian semua ingin seperti Amerika, kemudian masuk juga invasi Eropa Barat ke Ukraina," tutur Supian yang merupakan alumnus Pushkin State RL Institute Rusia.

Sedangkan secara budaya, rumpun Slavia Timur sulit berbaur dengan rumpun Indo-Jerman Barat. Ada banyak perbedaan yang tampak dari budaya Slavia dengan budaya negara-negara Barat. Hal ini kemudian menuai kritik keras dari Rusia.

"Jadi konflik ini murni lebih ke politik. Akar masyarakat Rusia dan Ukraina itu sangat kuat, dan mereka sama-sama menganut Ortodoks," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com