Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Bogor Raya Gelar PYP Exhibtion 2022 Bertajuk "Keunikan Buatku Berharga"

Kompas.com - 27/02/2022, 10:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Siswa kelas 6 Sekolah Dasar Bogor Raya menggelar pameran pembelajaran yang diadakan secara virtual pada tanggal 23-24 Februari 2022.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sebagai rangkaian puncak pembelajaran dari kurikulum internasional yang diadopsi sekolah Sekolah Bogor Raya yakni International Baccaulaurette (IB), khususnya program sekolah dasar (Primary Years Programme).

Tahun ini tema yang disepakati adalah tentang keunikan sebagai salah satu cara untuk menghargai kehidupan.

Tema ini dianggap sesuai dengan situasi saat ini di mana para siswa mempunyai pengalaman beragam terkait dengan situasi pandemi yang membuat mereka harus mampu mengenal diri, mampu membuat resolusi, mengelola diri, dan keterampilan lain.

Seorang siswa kelas 6 bernama Toreeq menceritakan pengalamannya tentang apa yang dia rasakan selama ini, terutama sepanjang pandemi terkait perjalanan pembelajarannya.

Ia merasa gelisah karena ia merasa terlalu berhati-hati yang menyebabkan beberapa masalah.

Meski dengan separuh wajah terlihat di kamera dalam ruang Zoom, ia percaya diri menceritakan pengalaman pribadinya mengenali dirinya sendiri dan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalahnya melalui beberapa riset dan wawancara.

Para peserta di dalam ruang Zoom tampak terdiam dan mengikuti penjelasannya dengan khidmat.

Toreeq bukan satu-satunya siswa yang membagikan pengalaman belajarnya pada hari itu.

Semua siswa kelas 6 Sekolah Bogor Raya melakukan kontemplasi untuk menggali segala sesuatu tentang dirinya, dan melakukan riset untuk mengembangkan keunikannya dan membagikan pengalaman hidupnya.

Sebanyak 59 siswa menampilkan berbagai topik tentang diri mereka.

Baca juga: Sekolah Dasar yang Belum Ikut Asesmen Nasional 2021 Wajib Susulan

Ada yang berbagi pengalaman tentang penyakit glaukoma yang disandang, ada yang berbagi berbagai jenis hobi dan perjalanan prestasi, berbagi tentang perasaan terasing dan cara mengatasinya, cara meningkatkan kesehatan mental dengan berbagai kegiatan, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com