Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TBI Dorong Kepala Sekolah dan Guru Bahasa Inggris Makin Profesional

Kompas.com - 22/02/2022, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Peran guru sebagai tenaga pendidik sangat penting bagi generasi penerus. Terlebih dengan adanya tantangan global, anak didik harus siap menjadi penerus bangsa.

Karena itu, penting sekali guru dapat meningkatkan profesionalismenya. Terlebih bagi para guru Bahasa Inggris, di era globalisasi ini harus mengakomodasi beragam keterampilan berkomunikasi kepada anak didik.

Harapan ke depannya, guru dapat memberikan pembelajaran yang bermutu untuk menyongsong generasi emas Indonesia 2045.

Baca juga: Ini 4 Kesulitan Belajar Bahasa Inggris, TBI Tawarkan Blended Learning Class

Terkait hal itu, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam berbahasa Inggris, The British Institute (TBI) mengadakan serangkaian acara Anniversary yang dikemas dan disuguhkan secara daring.

Acara itu dikemas menjadi kelas–kelas bahasa Inggris gratis, workshop serta webinar dengan tema beragam yang dibuka untuk umum pada Jumat-Sabtu (18-19/2/2022).

Tingkatkan kualitas guru Bahasa Inggris

Adapun acara untuk menyongsong HUT ke-38 TBI itu juga didakan TBI Teacher Training melalui Webinar Teachers Professional Development yang mengambil topik “Supporting Teacher’s Qualifications Journey in Today’s Global Competence”.

Webinar, Sabtu (19/2/2022) itu dihadiri oleh lebih dari 100 tenaga pendidik baik dari Kepala Sekolah dan guru–guru bahasa Inggris yang tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dikmen, Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Selatan, Drs. Sonny Juhersoni, M.Pd., berharap agar topik webinar yang dibawakan bermanfaat untuk para perwakilan Kepala Sekolah maupun guru dalam meningkatkan kualitas terutama kaitannya dengan pelajaran bahasa Inggris jangka panjang.

"Bangun sinergitas pengembangan potensi anak didik melalui potensi pengembangan SDM dan peningkatan kualitas bahasa Inggris," ujarnya.

Sementara Reza Suriansha selaku Presiden Direktur PT. TBI menyatakan, penguatan kapabilitas guru harus lahir dari guru-guru dan sekolah sendiri di bawah kepemimpinan kepala sekolah.

Tentu dengan mengedepankan budaya kolaborasi. "Jangan jadikan pandemi Covid-19 sebuah mesin waktu yang membuat kita berjalan di tempat, kita harus terus menanjak maju mengarah ke perubahan yang signifikan," ungkapnya.

Baca juga: Jelang 38 Tahun TBI, Mengambil Peran di Tengah Superioritas Bahasa Internasional

Tujuan lain dari webinar ini ialah untuk memotivasi perwakilan Kepala Sekolah agari memfasilitasi para tenaga pengajar bahasa Inggris di institusi terkait dapat terus:

  • mengembangkan keterampilan mengajar mereka
  • mendukung pengembangan profesionalisme
  • kompetensi berkelanjutan dalam menghadapi tantangan global saat ini

Sedangkan Marketing Communication Manager TBI, Diah Pratiwi Soehendro menyatakan, penguasaan bahasa Inggris merupakan instrumen penting dalam menghadapi tantangan global.

Terdapat 3 kompetensi dasar yang dibutuhkan guru bahasa Inggris di Indonesia yakni kualifikasi akademik, sertifikat mengajar, dan kompetensi fungsional yang meliputi kompetensi interpersonal dan kompetensi profesional.

"Oleh karenanya melalui TBI Teacher Training, kami menawarkan berbagai macam pelatihan sertifikasi dan berbagai aktivitas paralel dengan kebutuhan para guru bahasa Inggris," ungkap Diah dalam pernyataan tertulisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com