Kompas.com - 26/01/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Sekelompok mahasiswa Universitas Indonesia (UI), yaitu Muhammad Hanif Fajari, Albertus Aldo, Zahra Nurul Firdausil Ala, dan Samuel Christian, berhasil melakukan penelitian untuk mengembangkan alat pendeteksi Covid-19.

Penelitian berjudul “Studi Pendahuluan Mekanisme Sensor Teofilin dari Theobroma Cacao sebagai Detektor SARS-Vov-2 secara in Silico” tersebut berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Tanoto Student Research Awards (TSRA) 2021 kategori Science Research.

Dalam acara media briefing usai penganugerahan penghargaan TSRA 2021 secara daring melalui Zoom, Selasa (25/1/2022), Hanif selaku ketua tim mengatakan, timnya menggunakan metode elektrokimia untuk membuat alat pendeteksi Covid-19.

“Sensor elektrokimia ini sangat cepat dan mudah. Hanya (membutuhkan waktu) 10 menit, akan terlihat hasilnya,” kata Hanif.

Ia menjelaskan, proses awal pembuatan alat pendeteksi Covid-19 dilakukan dengan melakukan uji komputasi untuk menyeleksi jenis senyawa yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19.

Baca juga: Bantu Turunkan Angka Stunting, Tanoto Foundation Hibahkan Rp 2,8 Miliar kepada Unicef Indonesia

Hanif memaparkan, saat ini timnya masih menggunakan protein spike glikoprotein severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) sebagai studi pendahuluan. Adapun untuk melakukan uji sampel, timnya perlu melakukan uji klinis.

Mahasiswa UI Muhammad Hanif Fajari saat memaparkan hasil penelitiannya yang memang dalam ajang TSRA 2021 kategori Science ResearchKOMPAS.com/AlifiaNR Mahasiswa UI Muhammad Hanif Fajari saat memaparkan hasil penelitiannya yang memang dalam ajang TSRA 2021 kategori Science Research

“Kami berencana akan menggunakan sampel swab dengan alat pendeteksi elektrokimia. Alat kami akan mendeteksi Covid-19 dengan (melihat) perubahan arus yang terjadi,” kata Hanif.

Ia menyebutkan, timnya berencana melakukan uji virus kultur dan uji klinis lebih lanjut di laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Untuk diketahui, tim Hanif berhasil mengalahkan sepuluh kelompok lain yang juga berkompetisi pada bidang penelitian sama di ajang TSRA 2021.

Selain kategori Science Research, Tanoto Foundation juga mengumumkan pemenang TSRA 2021 pada empat bidang penelitian lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Tanoto Foundation dan SDGs HUB UI Lahirkan 15 SDGs Champions

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.