Kompas.com - 26/01/2022, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Proses penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022-2023 tengah dimulai. Selain perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS) juga membuka pendaftaran untuk sejumlah jalur.

Biaya kuliah sering menjadi topik pembicaraan hangat bagi calon mahasiswa, mahasiswa yang sedang menempuh studi, maupun orangtua. Mengingat, biaya kuliah di Indonesia cenderung naik setiap tahunnya karena berbagai faktor.

Bila kamu akan memilih kampus swasta di tahun ini, ada sejumlah komponen biaya kuliah yang perlu kamu bayarkan di semester baru.

Meski setiap kampus memiliki kebijakan berbeda, berikut 5 komponen yang umumnya ada di kampus swasta, merangkum platform pinjaman dana pendidikan Pintek.id:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

1. Uang Pangkal

Sering disebut juga sebagai Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau uang gedung, komponen biaya ini lebih identik dengan perkuliahan di PTS. Mahasiswa wajib membayarkannya sekali saja pada saat pendaftaran ulang.

Nominal uang pangkal kuliah sangat bervariasi dan terkadang ada keringanan hingga kebebasan SPI jika kamu diterima melalui jalur prestasi.

Sebagai contoh, fakultas kedokteran di berbagai perguruan tinggi swasta ternama menerapkan uang pangkal yang berkisar antara Rp 195 juta hingga Rp 350 juta tergantung dari gelombang pendaftaran.

2. SPP

Kampus swasta umumnya tidak mengenal Uang Kuliah Tunggal (UKT), namun Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP). Besarannya sama untuk seluruh mahasiswa aktif, terlepas dari berapa pun penghasilan orangtua.

Biaya kuliah per semester ini pun beragam antar jurusan maupun antar perguruan tinggi swasta. SPP biasanya dibayarkan per semester baru dan sebelum perkuliahan dimulai.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Sementara itu, bila berkuliah di PTN, maka sejak tahun ajaran 2013/2014 PTN mengadopsi kebijakan UKT. Dengan sistem ini, mahasiswa hanya akan membayar satu jenis biaya saja setiap semesternya tanpa ada tambahan komponen biaya yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.