Kompas.com - 26/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana rasanya belajar lebih dari tiga bahasa? Apa saja tantangannya? Pengalaman Daffa Indra Arya Wardhana ini bisa menginspirasi kamu yang sedang ingin belajar lebih dari tiga bahasa. 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini tak hanya menguasai bahasa Inggris, tetapi juga lima bahasa asing lainnya, yakni bahasa Jepang, Korea, Mandarin, Perancis, dan Jerman.

Tak hanya bahasa asing, Daffa juga menguasai beberapa bahasa daerah. Ia fasih menggunakan Bahasa Jawa, Banjar, serta Sunda.

Apa tipsnya agar mudah mempelajari bahasa lebih dari dua? Kiat utamanya yakni menjalani hal sesuai dengan passion selalu membuahkan hasil yang cemerlang.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Daffa memang sudah tertarik belajar bahasa. Pasalnya, ia sangat gemar mengobrol, khususnya mendengarkan cerita orang.

“Saya memang senang mendengar orang bercerita. Terutama beragam aksen yang dimiliki oleh orang-orang," jawabnya, dilansir dari rilis UMM.

Dari cerita-cerita yang ia dengar, ia bisa lebih memahami orang lain dan juga memaknai hidup agar membantunya lebih mudah belajar bahasa.

Uniknya, hobi yang ia senangi saat berkuliah dulu adalah naik transportasi umum. Lewat hobinya, Daffa bisa mengenal berbagai macam orang.

Mulai dari dosen, pegawai, hingga mereka yang memiliki bisnis besar. Hal itu dirasa menginspirasinya untuk terus berkarya.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Selingkuh, Ini Penjelasan Sosiolog Unair

Tentang teknik menguasai bahasa, Daffa mengatakan kuncinya adalah membiasakan diri dengan bahasa sasaran.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.