Kompas.com - 29/12/2021, 20:30 WIB
Tim dosen Universitas Kristen Duta Wacanana (UKDW) Yogyakarta melakukan program pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi tentang budidaya bayam Brazil. DOK. Humas UKDWTim dosen Universitas Kristen Duta Wacanana (UKDW) Yogyakarta melakukan program pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi tentang budidaya bayam Brazil.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat didorong menciptakan suatu ketahanan pangan.

Hal paling sederhana menciptakan ketahanan pangan yakni dengan cara menanam tanaman sayur mayur di rumah.

Untuk membantu menciptakan ketahanan pangan, tim pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta memberikan edukasi budidayakan bayam Brazil.

Pengabdian masyarakat ini berbasis hasil penelitian berjudul 'Budidaya dan Pengolahan Bayam Brazil sebagai Pilihan Alternatif Sayuran di Masyarakat Urban Yogyakarta'.

Baca juga: PT Petrosea Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK, D4/S1, Cek Infonya

Beri edukasi budidaya bayam Brazil

Ketua tim pelaksana Tri Yahya Budiarso menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian tentang bayam Brazil ini menjadi salah satu sumbangan kecil dari penelitian yang dihasilkan UKDW kepada masyarakat Yogyakarta.

Program pengabdian masyarakat ini terlaksana berkat kerja sama dengan komunitas pegiat pertanian kota Kelompok Tani Dewasa (KTD) Gemah Ripah di Kelurahan Danurejan Yogyakarta dan Komunitas Omah Paseduluran di Kelurahan Pandowoharjo, Sleman, DIY.

"Melalui edukasi cara budidaya bayam Brazil dan pengelolaan desain ruang penanaman ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui manfaat praktis dari konsumsi bayam Brazil sebagai pilihan alternatif sayuran," kata Tri Yahya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Siswa, Ini 3 Kebudayaan Asli Indonesia yang Masuk Daftar UNESCO

Keuntungan budidaya bayam Brazil

Selain itu tim dosen juga memberikan pengetahuan agar masyarakat menguasai teknik budidaya tanaman bayam Brazil, membudidayakan tanaman bayam Brazil di komunitas masing-masing serta mendapatkan keuntungan dari pengolahan hasil panen tanaman bayam Brazil.

"Kami beri edukasi juga mengenai desain tanam bayam Brazil di lingkungan komunitas pertanian kota masing-masing," imbuhnya.

Salah satu anggota tim pelaksana Kukuh Madyaningrana menambahkan, penguasaan pengetahuan dan keterampilan anggota komunitas pertanian kota akan budidaya bayam Brazil diharapkan mampu menghasilkan produk mentah dan olahan dari bayam Brazil tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.