GSI Jenjang SMP 2021 Resmi Digelar, Jadi Ajang Pembinaan Talenta Sepak Bola Nasional

Kompas.com - 18/11/2021, 11:43 WIB
Puspresnas Kemendikbud Ristek menggelar Gala Siswa Indonesia atau GSI 2021 Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 16-30 November 2021. DOK. PUSPRESNASPuspresnas Kemendikbud Ristek menggelar Gala Siswa Indonesia atau GSI 2021 Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 16-30 November 2021.

KOMPAS.com - Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Gala Siswa Indonesia atau GSI 2021 Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 16-30 November 2021.

Gala Siswa Indonesia bertujuan mempersiapkan talenta muda persepakbolaan nasional mengingat pada tahun 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-19 (usia di bawah 19 tahun/Under 19).

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbud Ristek yang terus mencari terobosan baru dalam rangka melanjutkan pembinaan talenta muda di bidang olah raga khususnya sepakbola meski di tengah suasana pandemi.

“Secara nyata, GSI telah mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional,” ungkap Muhadjir.

“Melalui GSI ini, saya meyakini akan lahir pesepak bola profesional Indonesia yang tidak hanya handal di tingkat nasional, namun juga mampu diperhitungkan oleh klub sepakbola profesional internasional," ujar Muhadjir.

"Bila kita ingin sepakbola di Indonesia maju, mari kita temukan metode ataupun strategi baru dalam membentuk talenta muda sepakbola nasional,” tegas Menteri Muhadjir.

Baca juga: Gala Siswa Indonesia 2021, Indra Sjafri: GSI Jadi Embrio Pembentukan Timnas U16

Menemu kenali talenta sepak bola

Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti mengungkapkan, pelaksanaan GSI yang telah diinisiasi sejak tahun 2018 Menko Muhadjir Effendy saat ini telah menjadi wadah berkelanjutan untuk anak Indonesia yang memiliki semangat dan cita-cita di bidang sepakbola.

Dengan mengusung tema GSI 2021 “Menggali prestasi sepakbola usia muda yang berkarakter untuk Indonesia berkelanjutan”, Suharti berharap pihaknya dapat menemu kenali talenta muda sepakbola dari tingkat sekolah dan nasional serta membentuk karakter peserta didik.

“Melalui GSI ini pula, kiranya para peserta mampu menanamkan sikap kerja keras, jujur, disiplin, sportif, kreatif, tangguh, bisa bekerja sama, karena bermain sepakbola tidka bisa bermain sendiri, dan tentunya cinta tanah air Indonesia,” ujar Suharti/

Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi dalam laporan kegiatannya menyampaikan GSI tahun 2021 merupakan penyelenggaraan tahun ke-4.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.