Kompas.com - 01/10/2021, 16:29 WIB
Opening Ceremony Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021 dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, M.T. (kiri) pada Sabtu, 18 September 2021 secara daring. BIC 2021 berlangsung dari 18 September 2021 hingga 2 Oktober 2021. DOK. IPEKAOpening Ceremony Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021 dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, M.T. (kiri) pada Sabtu, 18 September 2021 secara daring. BIC 2021 berlangsung dari 18 September 2021 hingga 2 Oktober 2021.

KOMPAS.com - Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan menggelar “Balikpapan Ipeka Cup (BIC) 2021” secara daring pada 18 September hingga 2 Oktober 2021.

BIC 2021 merupakan perlombaan digital yang mempertandingkan cabang seni untuk siswa SD hingga SMA. Sejak terakhir diadakan pada 2013 dan bersifat lokal atau onsite, kali ini BIC hadir kembali dengan format daring yang pesertanya menjangkau seluruh jaringan sekolah Ipeka serta sekolah lainnya se-Indonesia.

BIC 2021 menjadi kegiatan kompetisi seni yang diselenggarakan pertama secara nasional oleh Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan.

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap banyaknya kegiatan yang harus terhenti sementara. Hal ini menyebabkan berkurangnya interaksi dan aktivitas murid terutama yang berkaitan dengan kreativitas.

Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan berkomitmen menyediakan wadah bagi murid untuk mengasah kreativitas melalui BIC.

“BIC adalah sebuah wadah yang dibuat untuk memfasilitasi para murid mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya terbatas di bidang akademis, namun BIC mendorong para murid mengembangkan potensi dalam hal seni”, ujar Alfian Samudra, Koordinator Lokasi Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan.

Baca juga: Akademis Unair Beri Tips agar Data Pribadi Tidak Dicuri Melalui Medsos

Mengangkat tema "Rise Up"

Masih menurut Alfian, BIC 2021 mengangkat tema "Rise Up" yang memiliki arti bangkit.

Masa pandemi, dinilai tidak boleh mengubur potensi yang dimiliki murid. Mereka harus terus berkreativitas, berkarya, dan mengembangkan potensi apapun situasinya, baik di bidang akademis maupun seni.

Selain perlombaan, BIC 2021 juga menjadi ajang diperkenalkannya SMAK Ipeka Balikpapan yang mulai beroperasi pada tahun 2021.

Harapannya, melalui kegiatan ini Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan dapat dikenal masyarakat sebagai tempat bagi para murid memperoleh pendidikan yang baik serta mengembangkan setiap potensi dimiliki.

Total terdapat enam cabang perlombaan di BIC 2021, diantaranya Storytelling, Solo Vocal, Poster Design, Podcast, Photography, dan Band dengan 218 murid dari 44 sekolah di 15 kota dan 12 provinsi di Indonesia yang menjadi peserta pada perlombaan virtual ini.

Virtual Opening Ceremony BIC 2021 dilaksanakan pada 18 September 2021 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, M.T.

“Kami menyambut gembira dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya BIC 2021 ini. Kami melihat kegiatan ini sangat menarik dan lomba-lomba yg dihadirkan walaupun secara virtual, ini selaras dengan kegiatan kami yaitu Festival Lomba Seni murid Nasional (FLS2N)," ujar Muhaimin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.