Kompas.com - 28/09/2021, 15:55 WIB
Pemkot Serang memulai PTM terbatas untuk jenjang SD pada hari ini KOMPAS.COM/RASYID RIDHOPemkot Serang memulai PTM terbatas untuk jenjang SD pada hari ini
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebelum ada pandemi Covid-19, keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sudah menjadi sesuatu yang penting untuk menangani kesehatan siswa.

Siswa yang kurang enak badan bisa langsung dibawa ke UKS untuk mendapat penanganan pertama.

Keberadaan UKS makin penting dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Guna memperkuat pemahaman mengenai manajemen UKS di satuan pendidikan, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Kebudayaan (Kemendikbud Ristek) melalui Bidang Peserta Didik menyelenggarakan kegiatan bertajuk 'Workshop Penguatan Manajemen UKS Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2021'.

Baca juga: Tertarik Jadi Game Developer? Mahasiswa Harus Miliki 5 Skill Ini

UKS jadi garda terdepan cegah penyebaran Covid-19

Acara ini digelar secara campuran melalui daring (online) maupun luring (offline) dengan peserta perwakilan dinas pendidikan kabupaten kota, kepala sekolah dan pengurus UKS sekolah dari Kabupaten Sumedang dan Kota Cirebon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Sekolah Menengah Pertama Mulyatsyah mengatakan, peran penting manajemen UKS sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19 dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas.

"Manajemen UKS berperan sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19 di sekolah. Anak-anak harus diberi pemahaman agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada," ungkap Mulyatsyah seperti dikutip dari situs resmi Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (28/9/2021).

Menurut Mulyatsyah, manajemen UKS hendaknya bisa membentuk satgas-satgas Covid-19 di lingkungan sekolah.

Baca juga: Uniknya Museum Anak Bajang di Sleman, Tempat Belajar dan Berkesenian

Sehingga ketika terjadi hal-hal yang berindikasi pada kasus Covid-19, dapat dilakukan penanganan secepat mungkin.

Tekankan soal PHBS

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.