Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Syarat Daftar Ulang SBMPTN 2021 serta UKT Mahasiswa ITB

Kompas.com - 16/06/2021, 14:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.581 calon mahasiswa baru S1 melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Jumlah 1.581 tersebut merupakan 7,8 persen dari total 20.184 peminat yang mendaftar ke ITB melalui jalur SBMPTN. Pada pelaksanaan SBMPTN 2021, fakultas/sekolah di ITB yang menerima calon mahasiswa dengan jumlah paling besar adalah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), yang menerima 190 orang calon mahasiswa.

Untuk fakultas/sekolah dengan rasio keketatan penerimaan tertinggi adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), sedangkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Kampus Cirebon merupakan fakultas/sekolah dengan rasio keketatan terendah.

Untuk kegiatan daftar ulang mahasiswa baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SBMPTN 2021 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 17-26 Juni 2021 secara daring.

Baca juga: 10 PTN dengan Daya Tampung Jalur Mandiri Paling Banyak

ITB menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2021/2022 melalui tiga jalur, Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB. Setiap jalur tersebut memiliki daya tampung SNMPTN (36,1 persen), SBMPTN (34,5 persen), dan SM-ITB (29,4 persen).

Saat ini, pelaksanaan pendaftaran peserta untuk jalur Seleksi Mandiri (SM)-ITB masih berlangsung hingga tanggal 20 Juni 2021. Informasi mengenai ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/

Untuk daftar ulang, dilansir dari laman admission.itb.ac.id, berikut syarat dan jadwalnya:

Daftar ulang

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SBMPTN 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 17–26 Juni 2021 secara daring (online) melalui laman https://akademik.itb.ac.id.

Kegiatan pendaftaran ini wajib diikuti oleh semua calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus SBMPTN 2021 di ITB.

Baca juga: 10 Nilai UTBK Tertinggi Prodi Saintek di SBMPTN 2021

Pengisian data dan dokumen

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.
Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah:

1. Kartu Peserta SBMPTN 2021 ASLI

2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara

  • Khusus bagi calon mahasiswa lulusan tahun 2021.
  • STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah.
  • Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.

3. Akta Kelahiran asli

  • Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.
  • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

4. Ijazah SMA ASLI. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah asli, WAJIB mengunggah file Ijazah ASLI antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.

5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com