Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Edukasi Santri di Pondok Pesantren, Demi Cegah Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 22/05/2021, 12:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Anggota Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Atik Nurwayuni mengatakan, kehidupan di pondok pesantren saat ini menjadi sangat rentan terhadap penularan kasus Covid-19.

Hal itu mengingat jumlah santri yang sangat banyak di satu lokasi.

Baca juga: Sejarah dan Kegiatan Ponpes Al-Imdad Yogyakarta di Bulan Ramadhan

Bila ada satu orang menderita Covid-19, kata dia, maka penularannya akan sangat cepat di pondok pesantren.

"Sebenarnya, tidak hanya Covid-19 yang menjadi ancaman bagi kesehatan para santri," ujar dia saat memberikan pendampingan peningkatan hidup bersih sehat di Pondok Modern Gontor Putri 1, seperti melansir laman UI, Sabtu (22/5/2021).

Dia mengaku, Pondok Pesantren Modern Gontor Putri 1 yang terletak di Ngawi, Jawa Timur memiliki santri lebih dari 3.500 orang, dengan rentang umur 12 hingga 20 tahun.

Dia menyebut, permasalahan yang sering ditemui hampir di semua pondok pesantren adalah rentannya santri dari berbagai penyakit menular, seperti kudis (scabies), diare, muntaber, tifoid, cacar, gatal di kepala akibat kutu, hepatitis A, TBC, dan lain-lain.

"Padahal, hampir semua penyakit yang disebutkan di atas sebetulnya dapat dilakukan pencegahannya melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," ucap Atik Nurwayuni.

Pengabdian masyarakat ini, bilang dia, dilakukan melalui serangkaian kegiatan, diantaranya diskusi dengan para ustazah, edukasi santri, pemberian bantuan sarana kebersihan seperti sabun cuci piring, sabun cuci tangan, handsanitizer, dan masker.

Selain itu, poster-poster edukasi juga dibuat dan dipasang di tempat strategis sebagai pengingat bagi para santri untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Mardiati Nadjib, selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat menyampaikan salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat percontohan bagi pondok pesantren lainnya dalam upaya menjaga kesehatan semua warga pondok.

Baca juga: Berdiri di Ciwidey, Ponpes Al-Ittifaq Berdayakan Santri di Agribisnis

"Upaya-upaya yang dilakukan oleh Gontor Putri 1 ini sebaiknya diangkat dan disebarkan, dan menjadi percontohan buat pondok yang lainnya," sebut dia.

Mardiati megatakan, kegiatan ini sangat disambut baik oleh pondok pesantren baik pimpinan, ustazah, dan para santri. Saat ini perilaku hidup bersih dan sehat sudah diterapkan para santri.

Mardiata berharap, perilaku bersih dan sehat ini tetap melekat pada diri santri walaupun pandemi berakhir.

Dengan begitu, santri juga terhindar dari penyakit-penyakit yang umumnya sering menyerang para santri seperti diare, scabies, dan lain-lain.

Santri menjaga protokol kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com