Kompas.com - 14/04/2021, 16:45 WIB
Bangunan komplek santri putera Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul, Yogyakarta. DOK. Ponpes Al-Imdad YogyakartaBangunan komplek santri putera Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul, Yogyakarta.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Imdad adalah salah satu pesantren yang terletak di tanah Bantul, Yogyakarta. Pesantren ini didirikan oleh KH Humam Bajuri pada 1980.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Imdad Yogyakarta, M. Habib Abdus Syakur mengaku, pada awalnya pondok pesantren ini adalah sebuah majelis taklim yang diikuti oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: 5 PTKIN Pendaftar Terbanyak, UIN Jakarta Peringkat Satu

Sepanjang perjalanannya, kegiatan majelis taklim ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat sekitar, tapi banyak datang datang luar Bantul. Bahkan kegiatannya dilakukan sehari-hari.

Banyaknya masyarakat yang datang untuk ikut kegiatan majelis taklim, maka akhirnya didirikanlah asrama pemukiman santri yang berasal dari luar. Setelah itu, akhirnya berdiri Pondok Pesantren Al-Imdad.

Selama 12 tahun, Pondok Pesantren Al-Imdad diasuh oleh KH. Humam Bajuri.

Setelah KH. Humam Bajuri wafat di 1996, maka tongkat estafet kepengurusan pesantren dilanjutkan oleh istri, puteranya, dan semua saudaranya.

Keluarga besar akhirnya sepakat membuat Yayasan sebagai payung hukum pondok pesantren.

Di tahun 1998, pondok pesantren ini mengelola lembaga pendidikan milik LP Ma'arif yang hampir kehabisan murid.

Setelah Madrasah Tsanawiyah yang dikelola oleh pesantren ini kebanjiran santri, maka Madrasah Aliyah Al-Imdad didirikan di 2012.

Setelah ada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di pesantren ini, maka jumlah santri mengalami peningkatan santri setiap tahun ini.

Baca juga: 10 Tips Sukses Jalani Tes UTBK Saat Puasa Ramadhan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X