Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2020, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Cukup banyak universitas di Australia yang kini menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia. Kesempatan untuk melanjutkan kuliah di salah satu universitas terbaik di Negeri Kanguru melalui jalur beasiswa, kini ada di depan mata.

University of Adelaide, salah satu universitas terbaik sekaligus ketiga tertua di Australia, membuka peluang beasiswa jenjang S1 hingga S3.

Termasuk anggota dari Group of Eight (Go8) Australia, yaitu perkumpulan 8 universitas peringkat atas di Australia yang berfokus pada penelitian, The University of Adelaide telah melahirkan lima penerima Nobel, 110 penerima Rhodes Scholarships, dan sejumlah penemuan fenomenal dalam bidang sains dan ilmu kesehatan seperti penisilin, satelit penelitian luar angkasa, pembuatan wine, hingga X-Ray Crystallography.

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1-S2 di Melbourne Australia, Senilai Rp 103 Juta

Sebagai universitas dengan reputasi penelitian terbaik di Australia, pada tahun ini The University of Adelaide menempati peringkat top 150 dunia menurut Academic Ranking of World Universities, QS World University Rankings, dan THE World Rankings.

Beberapa jurusannya seperti Mining dan Mineral Engineering bahkan berada di peringkat 7 dunia, Dentistry dan Electrical Engineering merupakan jurusan yang menempati peringkat 1 di Australia.

Selain itu, beberapa jurusan unggulan lainnya seperti Computer Science and Engineering, Automation and Control, Civil Engineering, Water Resources, dan Agricultural Sciences menempati peringkat top 50 di dunia.

Baca juga: Lulusan S1-S2, Kemendikbud Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Kabalitbangbuk

Dari segi lokasi, sebagai kota kelima terbesar di Australia, kuliah dan tinggal di Adelaide sangat banyak keuntungannya. Selain karena termasuk 10 kota terbaik untuk tinggal di dunia, biaya hidupnya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan Sydney, Melbourne dan Brisbane.

Saat ini, The University of Adelaide menawarkan program beasiswa Global Citizens Scholarships serta Global Academic Excellence Scholarship (International).

Kedua program beasiswa tersebut ditawarkan untuk pelajar yang akan memulai program kuliah S1, S2, maupun S3 di bulan Februari dan Juli 2021.

Cakupan

1. Program beasiswa Global Citizens Scholarships berupa potongan uang kuliah senilai 15 persen hingga 30 persen selama durasi kuliahnya.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah S1-S2 di 3 Negara: Australia, Selandia Baru, Inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+