Guru Besar Farmasi UGM: Ini Terapi Penyembuhan Covid-19

Kompas.com - 21/06/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi obat-obatan ShutterstockIlustrasi obat-obatan
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 masih tinggi. Jika sudah terkonfirmasi positif, maka pasien harus menjalani terapi antivirus.

Dikatakan terapi karena memang belum ada satu obat yang spesifik untuk Covid-19. Atau, virus corona belum ada obatnya.

"Hingga kini belum ada yang terbukti ampuh bisa mengobati Covid-19 dan belum ada yang bisa direkomendasikan,” ujar dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ( UGM) Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt seperti dikutip dari laman Farmasi UGM, Sabtu (20/6/2020).

Baca juga: Guru Besar UB: Sinar UV Mampu Bersihkan Udara dari Covid-19

Klorokuin masih diuji

Sebelumnya, masyarakat telah mendengar bahwa klorokuin dan hidrosiklorokuin ampuh menyembuhkan Covid-19. Namun menurut Zullies, dua obat itu masih dalam proses uji klinis.

"Belum terbukti ampuh, tetapi sejauh ini pengobatan Covid-19 bisa dengan klorokuin dan hidroksiklorokuin. Obat ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter," jelasnya.

Dikatakan, dua obat itu mulanya sebagai obat anti malaria yang juga digunakan untuk imunosupresan pada pasien penyakit autoimun, seperti Lupus, rematoid artritis, dan sebagainya.

Adapun dua obat tersebut masuk dalam golongan obat keras. Ada efek samping yang akan dialami pasien setelah meminumnya, seperti mual, gangguan irama denyut jantung, dan gangguan penglihatan.

"Tidak semua orang mengalami efek samping ini, tetapi jika mengalami akan sangat berat, terutama mereka yang punya riwayat penyakit jantung. Untuk itu, penggunaannya harus hati-hati," katanya.

Avigan belum terbukti ampuh

Tak hanya klorokuin dan hidroksiklorokuin, ada pula avigan dan tamiflu. Keduanya juga belum terbukti ampuh secara klinis dan sama-sama tergolong obat keras.

Avigan adalah obat antiinfluenza dari Jepang. Sedangkan tamiflu adalah obat antiinfluenza yang digunakan untuk penyakit flu burung dan SARS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X