Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDB 2020, Disdik Jawa Barat Bantu Akses dan Fasilitas untuk Calon Peserta Didik

Kompas.com - 09/06/2020, 16:52 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Jawa Barat memberikan bantuan akses dan fasilitas bagi calon peserta didik atau orangtua yang memiliki keterbatasan fasilitas untuk Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik (PPDB) 2020 berbasis daring.

Bantuan tersebut diberikan melalui satuan pendidikan sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB).

Ketua Panitia PPDB SMKN 11 Bandung, Parwanto mengatakan, pihaknya memberikan bantuan bagi calon peserta didik yang terkendala akses dan fasilitas. Namun, ia menegaskan, sekolah hanya menyediakan fasilitas, bukan membuka pendaftaran secara manual.

“Tetap yang bersangkutan (calon peserta didik) yang mengeksekusi pendaftaran. Kita hanya mendukung sarana (komputer) dan internet,” jelasnya seperti dikutip dari laman Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Baca juga: PPDB 2020 Jawa Barat, Ini Jadwal Tingkat SMA/SMK/SLB...Ada 2 Tahap!

Salah satu sekolah yang memberikan layanan akses dan fasilitas untuk PPDB 2020 secara daring adalah SMKN 11 Bandung.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan ruang informasi jika ada orang tua atau calon peserta didik yang bertanya seputar PPDB secara umum maupun PPDB di SMKN 11 Bandung.

“Bahkan, kita sudah membuka ruang informasi ini sejak 2 Juni 2020. Setiap hari kami bisa melayani 100 orang,” tuturnya.

Terapkan Protokol Kesehatan

Parwanto menegaskan, seluruh aktivitas di sekolah dilakukan berdasarkan protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Ada lima protokol yang telah diterapkan di sekolah, yakni mewajibkan masyarakat menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu badan, memfasilitasi dan mewajibkan masyarakat mencuci tangan serta mewajibkan pejalan kaki, pengendara motor dan mobil yang memasuki lingkungan sekolah melalui car auto sanitizing gate di gerbang sekolah.

“Kita sudah memfasilitasi 10 space untuk cuci tangan di depan gerbang sekolah. Untuk reguler pun telah disediakan fasilitas cuci tangan di setiap kelas,” ujarnya.

Baca juga: PPDB Jakarta, 6 Kategori Calon Siswa Ini Wajib Lakukan Prapendaftaran

Parwanto yang juga menjabat Wakil Kepala SMKN 11 Bandung Bidang Kesiswaan menambahkan, seluruh ruang pelayanan telah disesuaikan dengan protokol pencegahan Covid-19 dengan menempatkan kursi berjarak 1 meter.

Optimalkan Sosialisasi

Menurut Parwanto, SMKN 11 Bandung telah optimal menyosialisasikan informasi PPDB 2020 kepada masyarakat. Sosialisasi dilakukan melalui berbagai macam media.

Sosialisasi dilakukan mulai dari konferensi video dengan SMP/MTs. ampuan, membuka grup WhatsApp dengan SMP, memanfaatkan media cetak seperti spanduk, flyer, dan brosur serta mengoptimalkan media sosial, seperti Instagram dan Youtube.

“Dari Mei sampai hari ini, kita terus menyosialisasikan PPDB 2020,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com