Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman “Jalan Sesama Episode: Pakaian” Belajar dari TVRI, 2 Juni 2020

Kompas.com - 02/06/2020, 22:38 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Jalan Sesama, untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tayangan ini bisa disaksikan setiap pagi pada pukul 08.00 WIB.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Jalan Sesama menyuguhkan beragam pembelajaran yang menyenangkan, yang disajikan dengan tokoh utama bernama Putri, Tantan, Momon dan Jabrik.

Baca juga: Rangkuman Film Pendek “Senior vs Junior” Belajar dari TVRI 1 Juni 2020

Anak akan diajak belajar mengenal dasar-dasar huruf dan angka, mendengarkan cerita, bernyanyi dan menari.

Melalui berbagai kisah yang mudah dipahami, Penonton diajak mempelajari keterampilan sehari-hari, menjaga lingkungan, perawatan diri dan bersikap mandiri.

Meski ditujukan untuk PAUD, tayangan Jalan Sesama menarik juga disaksikan oleh seluruh anggota keluarga, diadaptasi dari tayangan Sesame Street, Jalan Sesama sarat dengan nilai-nilai lokal.

Berikut adalah rangkuman dari tayangan Cerita “Jalan Sesama Episode: Pakaian”.

Jaket

Angin depan rumah Tantan sedang kencang, Putri memutuskan untuk pulang. Karena angin begitu kencang, payung yang digunakan Putri terbalik. Putri juga membawa topi yang bisa melindungi dari angin kencang, tetapi topinya juga terbang.

Karena payung yang digunakan Putri terbalik dan topinya juga terbang kemudian Tantan memberikan jaket yang memiliki tutup kepala sehingga Putri aman dari angin kencang.

Kaca mata

Diceritakan seorang putri raja tidak bisa melihat dengan baik, apa yang dilihat semuanya sama saja, kemudian sang Raja membawa putrinya ke dokter mata agar sang putri bisa melihat dengan baik.

Dokter mata memeriksa dan memberikan kaca mata untuk putri dapat melihat lebih jelas. Kemudian dokter menunjukan bingkai-bingkai yang bagus dan dia memilih bingkai paling cantik.

Raja tampak senang melihat putrinya bisa melihat dengan baik dan tuan putri terlihat menarik.

Jemuran

Momon melihat jemuran Tantan belum diangkat, sedangkan langit sudah mendung. Kemudian Momon mengambil jemuran Tantan agar tidak basah terkena hujan.

Pulang berbelanja Tantan kaget melihat jemurannya tidak ada, Momon kemudian memanggil dan memberikan jemuran yang tadi ia angkat. Momon membantu mengangkat jemuran, Tantan mangajak Momon makan siang di rumahnya.

Memodifikasi kain bekas

Diceritakan anak bernama Raka dan teman-temannya membuat jumputan, dengan cara ini barang-barang yang tidak terpakai jadi terlihat menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com