Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuota KIP Kuliah 2023 Terbatas, Tak Semua Pendaftar Peroleh KIP Kuliah

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 sudah dibuka, Selasa (14/2/2023) lalu.

Siswa berprestasi yang mengalami kesulitan finansial untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bisa memanfaatkan program KIP Kuliah 2023 ini.

Siswa yang lolos dan menjadi penerima KIP Kuliah 2023 bisa kuliah gratis baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) serta mendapatkan uang saku.

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 ini terbuka hingga 31 Oktober 2023. KIP Kuliah 2023 bisa digunakan untuk semua jalur seleksi masuk PTN yakni SNBP, SNBT dan jalur mandiri.

Siswa diimbau mendaftar KIP Kuliah 2023 sedini mungkin

Selain itu KIP Kuliah 2023 juga bisa digunakan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta yang menjadi mitra.

Kepala Pusat Pelayanan pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar mengajak para siswa yang merasa layak untuk mendapat KIP Kuliah untuk segera mendaftar sedini mungkin.

Abdul Kahar mengimbau agar jangan menunggu di hari-hari terakhir masa pendaftaran.

"Ini penting, sebab menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran, ada kemungkinan trafik jaringan membludak. Sehingga berpotensi terganggu sehingga berpotensi gagal atau tidak bisa submit, karena itu lebih cepat mendaftar lebih baik," terang Abdul Kahar seperti dikutip dari laman Puslapdik, Rabu (15/2/2023).

Kuota KIP Kuliah terbatas

Abdul Kahar menekankan, sebelum mendaftar,calon mahasiswa sebaiknya mulai mencari info persyaratan mendaftar.

Selain itu juga segera melengkapi semua persyaratannya.

"Sehingga saat masuk ke sistem KIP Kuliah bisa segera selesai, tidak berulang-ulang," tandas Abdul Kahar.

Dia menambahkan, calon mahasiswa perlu menyadari bahwa kuota KIP Kuliah itu terbatas. Sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh KIP Kuliah.

"Mungkin data-datanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan. Tapi ada juga pertimbangan kelayakan. Sehingga KIP Kuliah ini sifatnya kompetitif," imbuh dia.

Hal ini penting disadari para siswa pendaftar agar siap bersaing mengikuti kompetisi yang sehat.

"Ingat, KIP Kuliah menerima semua jalur SNPMB. Seperti seleksi SNBP, atau UTBK-SNBT, juga ada jalur seleksi di perguruan tinggi swasta, bisa di perguruan tinggi akademik atau vokasi," papar Abdul Kahar.

Syarat daftar KIP Kuliah 2023

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Demikian informasi mengenai program KIP Kuliah 2023 yang bisa diikuti para calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Manfaatkan program KIP Kuliah 2023 ini agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/15/190000071/kuota-kip-kuliah-2023-terbatas-tak-semua-pendaftar-peroleh-kip-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke