Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Beasiswa S2-S3 ke Australia yang Beri Kuliah Gratis dan Tunjangan

KOMPAS.com – Ada beragam pilihan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah luar negeri dengan tujuan tertentu, misalnya mempromosikan universitas dan ikut serta mengembangkan generasi muda.

Setiap negara memberikan ketentuan dan manfaat yang berbeda-beda pula, sesuai dengan visi pemberian beasiswa tersebut. Pada umumnya diberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Negara Australia termasuk salah satu negara yang gencar memberikan beasiswa kepada pelajar internasional.

Data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pada tahun 2022 mencatat ada sekitar 11.000 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia.

Australia disebut sebagai salah satu negara favorit mahasiswa Indonesia dalam menimba ilmu karena lokasinya tidak begitu jauh, ada banyak universitas yang termasuk pada peringkat tinggi dunia, banyak program studi pilihan, dapat bekerja sambil kuliah, memiliki kualitas pendidikan yang tinggi.

Selain itu, negeri Kangguru juga menjadi salah satu negara impian dan salah satu negara yang populer bagi mahasiswa internasional untuk kuliah.

Merilis laman Schoter, ekonomi di negara Australia menjadi salah satu yang paling aman di dunia maju, dengan tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah. Australia juga memiliki badan pengawas dan kualitas nasional untuk pendidikan tinggi yaitu Tertiary Education Quality and Standards Agency (TEQSA).

Badan tersebut didirikan oleh pemerintah Australia untuk memantau kualitas dan mengatur penyelenggara pendidikan tinggi universitas dan non-universitas terhadap serangkaian standar yang dikembangkan oleh Panel Standar Pendidikan Tinggi yang independen.

Bagi kamu yang berminat melanjutkan kuliah di Australia, ada tiga pilihan beasiswa internasional yang dapat kamu coba, merilis laman Schoter.

3 Pilihan beasiswa penuh di Australia

1. Australian Awards Scholarship (AAS)

Beasiswa AAS memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk meraih gelar master atau doktor dari universitas di Australia. Beasiswa ini juga membuka peluang untuk meniti karier yang membawa perubahan.

Peserta beasiswa akan dipilih berdasarkan kemampuan akademik, kualitas kepemimpinan, kecakapan berbahasa Inggris, dan potensi untuk berperan dalam pembangunan di Indonesia.
Pemberi beasiswa akan memberikan kursus persiapan akademis dan bahasa Inggris hingga sembilan bulan di Indonesia, sebelum keberangkatan ke Australia.

Selain itu, beasiswa ini akan menanggung perjalanan pulang pergi, kontribusi untuk biaya hidup, pertanggungan kesehatan pelajar selama beasiswa, dan tunjangan kerja lapangan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, silakan lihat di laman Australia Awards in Indonesia https://www.australiaawardsindonesia.org/

2. University of Adelaide Research Scholarships (UARS)

Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan penuh (100 persen) kepada peserta yang lulus, yang mencakup biaya kuliah sebagai mahasiswa riset University of Adelaide hingga dua tahun untuk gelar Master Riset dan selama empat tahun (tanpa perpanjangan) untuk gelar Doktor Riset.

UARS juga akan memberikan tunjangan hidup sebesar AUD 28.854 per tahun (sekitar Rp 302 juta) hingga dua tahun untuk gelar Master Riset, dan hingga tiga tahun (dengan kemungkinan perpanjangan enam bulan) untuk gelar Doktor Riset.

Selain itu juga memberikan dukungan keuangan untuk kebijakan Overseas Student Health Cover (OSHC) Worldcare, ditambah biaya relokasi dan publikasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, silakan lihat di laman The University of Adelaide https://scholarships.adelaide.edu.au/Scholarships/postgraduate-research/all-faculties/university-of-adelaide-research-scholarships-0

3. Australian Government Research Training Program (AGRTP)

Beasiswa AGRTP ini dibuka setiap tahunnya oleh pemerintah Australia melalui seluruh perguruan tinggi di Australia. The Research Training Program (RTP) melalui Department of Education, Skills and Employment (DESE), yang kemudian dikelola oleh masing-masing universitas mitra.

Tujuan dari beasiswa AGRTP ini yakni memberikan pendanaan kepada mahasiswa domestik dan internasional untuk melanjutkan studi di jenjang Master by Research dan doktor atau PhD.

Di Australia, kedua jenjang studi tersebut dikenal sebagai higher degrees by research (HDRs), yang artinya mayoritas dari kegiatan akademik akan dilakukan erat kaitannya dengan riset.

DESE sendiri memberikan kemandirian untuk masing-masing universitas mitra. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan setiap persyaratan dan rincian pendanaan di universitas yang ingin dituju.

Pada umumnya, terdapat dua jenis pendanaan beasiswa AGRTP yang dapat diajukan sekaligus yaitu RTP Stipend dan RTP Tuition Offset.

RTP Stipend memberikan pendanaan untuk menunjang biaya hidup bulanan selama studi di Australia selama dua tahun untuk jenjang Master by Research dan tiga tahun untuk jenjang PhD. Jangka waktu pendanaan ini dapat diperpanjang selama setengah tahun dengan kesepakatan antara mahasiswa, pembimbing, dan universitas.

Sementara itu, RTP Tuition Offset mendanai biaya kuliah setiap tahunnya. Berbeda dengan mahasiswa lokal di sana, mahasiswa internasional yang kuliah di Australia haruslah membayar biaya pendidikan atau tuition fees per tahunnya.

Oleh karena itu, beasiswa RTP Tuition Offset ini sangatlah membantu proses perkuliahan di Australia. Selain biaya pendidikan setiap tahunnya, sebagian besar universitas mitra juga menawarkan pendanaan asuransi untuk mahasiswa selama studi.

Bahkan, beberapa universitas memberikan pendanaan lebih yang mencakup pendanaan asuransi untuk pasangan (suami/istri) dan anak. Itulah sebabnya, beasiswa ini cocok bagi kamu yang ingin membawa anggota keluarga selama studi di Australia.

Selain dua aspek utama pendanaan tersebut, beberapa universitas mitra di Australia juga memberikan tambahan pendanaan seperti biaya publikasi, biaya relokasi/transportasi menuju Australia, biaya tes IELTS, dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, silakan lihat di laman Australia National University https://www.anu.edu.au/study/scholarships/find-a-scholarship/australian-government-research-training-program-agrtp-stipend

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/24/150000971/3-beasiswa-s2-s3-ke-australia-yang-beri-kuliah-gratis-dan-tunjangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke