Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa ITB Raih Medali Emas di Kompetisi Matematika Internasional 2021

KOMPAS.com - Tim Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil membawa pulang enam medali pada International Mathematics Competition (IMC) 2021 yang berlangsung pada 2—7 Agustus 2021 di Bulgaria.

IMC sendiri merupakan olimpiade bergengsi tahunan di bidang matematika. IMC diikuti oleh 591 peserta dari 54 negara pada tahun ini. Lima mahasiswa ITB berhasil membawa pulang kemenangan.

Hopein Christofen Tang dan M. Alif Aqsha mendapat medali emas. Aditya Dwianto dan Reynald Saputra mendapat medali perak. Sementara Garry Kuwanto mendapat Honorable Mention.

Para mahasiswa ini dipimpin oleh Afif Humam dan dibantu oleh Yusuf Hafidh selaku dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Ragam hambatan tak jadi halangan

Selama kompetisi, para mahasiswa mengalami beberapa kesulitan. Kompetisi secara daring, misalnya, membuat para peserta harus menyiapkan segala peralatan sendiri.

Mereka bahkan memerlukan mesin cetak untuk mencetak soal sebelum tes. Hal tersebut menjadi kendala karena tidak semua peserta memiliki mesin cetak di rumah. Namun, masalah tersebut dapat diatasi karena panitia memperbolehkan untuk mencatat soal secara manual.

Tim yang dikirim ke kompetisi ini dibentuk secara tertutup. Terdiri dari para mahasiswa tingkat 3 dan 4 yang pernah mengikuti kompetisi ONMIPA/KNMIPA.

Mereka merupakan mahasiswa terbaik yang telah lulus seleksi tingkat nasional. Persiapan demi persiapan dilakukan oleh para mahasiswa agar mendapatkan hasil terbaik saat kompetisi.

“Mahasiswa lebih banyak berlatih secara mandiri dalam situasi daring seperti ini. Adapun Latihan dilakukan pada persiapan KNMIPA 2021 yang jadwalnya berdekatan dengan IMC 2021,” ujar Afif Humam selaku ketua tim seperti dikutip dari laman ITB, Selasa (24/8/2021).

Sebagai pemimpin tim, Afif merasa bersyukur atas pencapaian para mahasiswanya. Ini juga menjadi pengalaman pertamanya sebagai pendamping tim di kompetisi internasional.

“Untuk mahasiswa, manfaatkan berbagai kesempatan dan fasilitas dalam mengikuti lomba atau kegiatan yang menyenangkan bagi anda” pesan Afif bagi para mahasiswa ITB lainnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/24/170800571/mahasiswa-itb-raih-medali-emas-di-kompetisi-matematika-internasional-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke